Desa Mandiri, Wujud OKI Mandira

Para penerima penghargaan dari kementerian berfoto bersama. (foto-ist)

Kayuagung, KoranSN

Desa Tugu Mulyo Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai nominasi desa terbaik bersama 33 desa lainnya se Indonesia.

Tugu Mulyo sekaligus satu-satunya desa di Provinsi Sumatera Selatan yang diganjar penghargaan desa mandiri berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2018 oleh kemeterian Desa di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menanggapi penghargaan tersebut Bupati OKI H Iskandar SE mengungkapkan, desa mandiri merupakan visi utama mewujudkan OKI yang Maju, Mandiri dan Sejahtera (Mandira) berlandaskan iman dan taqwa. Desa mandiri menurut Iskandar bentuk ketidak ketergantungan desa kepada pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Artinya desa tersebut sudah mampu berdikari baik sumber dayanya, SDM maupun tatakelola desa. Ini visi kita agar setiap desa di OKI ini mampu mandiri,”ungkap Iskandar saat meresmikan Desa Mart di Tanjung Serang Kayuagung kemarin.

Baca Juga :   Warga Benakat Minyak Keluhkan Limbah Pencemar Lingkungan

Iskandar mengungkapkan, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat maupun daerah merupakan stimulan bagi desa untuk mencapai kemandirian. “Dana desa itu agar digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat sehingga menjadi potensi ekonomi bagi desa,”pungkasnya.

Penghargaan desa mandiri diserahkan langsung oleh Menteri Desa dan PDT Eko Prasojo. Menteri Desa mengungkapkan, Indeks Desa Membangun (IDM) adalah rujukan untuk mengentaskan jumlah desa tertinggal dan meningkatkan jumlah desa mandiri di seluruh Indonesia.

IDM tutur eko mengutamakan kuatnya peran serta masyarakat dalam proses kemajuan dan pemberdayaan desa. “IDM ini lebih komperhensif jika dibandingkan dengan Indeks Pembangunan Desa, karena IDM ini mengedepankan pendekatan yang bertumpu kepada kekuatan sosial, ekonomi dan ekologi, tanpa melupakan kekuatan politik, budaya, sejarah, dan kearifan lokal,”kata Eko.

Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten OKI Hj Nursula SSos mengungkapkan, penghargaan yang diterima Desa Tugu Mulyo berkat dukungan semua pihak dia berharap ke depan status desa mandiri di OKI semakin bertambah.

Baca Juga :   Ajak Masyarakat Pagaralam Ciptakan Pemilu Kondusif

“Target kita setiap tahun desa mandiri bertambah dan pengelolaan keuangan desa semakin baik,”ujarnya.

Sementara itu, kepala desa Tugu Mulyo HIrfandi mengungkapkan, diraihnya penghargaan ini karena partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desa serta transparansi pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa.

“Intinya dalam membangun desa kami utamakan keterbukaan dan melibatkan masyarakat apalagi dalam hal penggunaan dana desa harus transparan dan partisipatif,”pungkasnya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pangdam II/Sriwijaya Kunker ke Markas Batalyon Armed OKU Timur

OKU Timur, KoranSN Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Markas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.