Desember, Pembebasan Lahan KEK TAA Selesai

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel, Ir H Permana MM
Kepala Disperindag Provinsi Sumsel, Ir H Permana MM

Palembang, SN

Pembebasan lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api (TAA) ditargetkan selesai pada Desember mendatang. Pasalnya dari total lahan yang akan dibebaskan sekitar 34 persen, 30 persil diantaranya telah disepakati untuk harga Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Permana saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/11/2016).

“4 diantaranya, masih harus dinegosiasikan antara Konsultan Jasa Penilai Publik (KJPP) dengan pemilik lahan. Karena, pemilik lahan masih merasa harga yang ditetapkan KJPP tidak sesuai dengan lahan yang dimilikinya mengingat ada bangunan diatas 4 persil tersebut,” katanya.

Meskipun begitu, lanjut Permana, pihaknya akan mendahulukan pembayaran terhadap 30 persil yang telah disepakati soal harganya. Sambil menunggu kesepakatan 4 persil lahan berikutnya. Dirinya mengaku, untuk harganya sendiri itu berbeda-beda. Namun, untuk pembebasan lahan ini sendiri pihaknya telah menganggarkan sekitar Rp 38 miliar dan yang telah disiapkan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) Sumsel yakni sebesar Rp 35 miliar.

Baca Juga :   Iza Fadri: Polda Sumsel Terus Tindak Preman Pemalak

“Mungkin untuk sisanya sekitar Rp 3 miliar lagi akan dibayarkan untuk 4 persil setelah didapatkan harga yang tepat itu,” terangnya.

Total lahan yang akan dibebaskan sendiri, lanjut Permana yakni sekitar 62 sampai 67 hektar dengan jumlah kepemilikan tidak sampai 30 orang. Nantinya, Ia menambahkan, untuk pembayarannya sendiri dilakukan secara langsung oleh BPKAD kepada pemilik lahan atau persil tersebut, berdasarkan nama, alamat dan secara administrasi.

“Jadi nantinya uang langsung masuk ke rekening masing pemilik lahan,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan, mungkin nantinya akan ada penyerahan secara simbolis terhadap pemilik lahan. “Nah, tugas kami hanya sebatas pembayaran saja. sisanya nanti akan dilanjutkan kepada pelaksanaannya,” tandasnya. (wik)

Baca Juga :   5 Paslon Cabup-Cawabup Banyuasin Jalani Tes Kesehatan
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Elektabilitas Panca-Ardani Sulit Terkejar

Palembang, KoranSN Peluang pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Panca Wijaya Akbar-Ardani (Panca-Ardani) untuk …