Desember, SP2J Tambah 50 Bus Trans Musi

Ahmad Nopan.
Ahmad Nopan.

Palembang, SN

PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) rencananya akan menambah 50 Bus Trans Musi di awal Desember mendatang. Selain untuk mematangkan persiapan alat transportasi Asian Games di 2018 nanti, hal ini juga terkait dengan adanya rencana pemerintah kota (Pemkot) Palembang dalam penghapusan bus kota di akhir tahun ini.

Direktur utama (Dirut) PT SP2J, Ahmad Nopan mengungkapkan, penambahan bus ini diharapkan mampu menjadi moda transportasi umum alternatif untuk darat yang juga terintegrasi dengan Light Rail Transit (LRT).

“Bakal ada 50 bus berukuran medium yang akan ditambah awal Desember ini. Kita belum tahu, apakah semuanya bus untuk di darat atau ada juga bus air. Yang jelas saat ini kita prioritaskan bus darat dulu,” katanya, Senin (31/10).

Dia mengungkapkan, dengan ditambahnya 50 unit bus baru ini nanti, itu artinya Palembang akan memiliki total 220 bus Trans Musi.

“Saat ini ada 170 unit Trans Musi yang masih layak, kahir tahun ini ditambah 50 unit untuk mencapai total 220 unit. Dengan jumlah tersebut dalam menyambut Asian Games mendatang, In shaa Allah bisa tercapai demi memenuhi kebutuhan akan meningkat. Apalagi Trans Musi ini akan terintegrasi dengan LRT. Kita harapkan bisa menjadi transportasi publik yang potensial dan membantu masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :   Harnojoyo: OPD Jangan Hanya Bergantung Pada APBD

Menurutnya, 50 unit bus baru ini bakal ditempatkan pada rute Trans Musi yang masih kekurangan unit terutama yang ada di dalam kota, pihaknya juga akan menambah rute potensial lain guna memenuhi tingkat permintaan masyarakat.

“Bus ini akan dimaksimalkan pada rute dalam kota yang masih ada kekurangan. Mengenai rute mana saja masih yangmasih kekurangan belum bisa kami informasikan, yang jelas ketika bus ini sampai kami sudah susun perencanaan bersama pihak terkait, untuk kepentingan masyarakat terutama dalam kota menyambut Asian Games 2018,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Nopan menambahkan, kemungkinan besar pihaknya akan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.
“Kemungkinan akan ada rekrutmen baru untuk pegawai Trans Musi. Namun saat ini kita belum pastikan kapan dan berapa yang dibutuhkan,” tandasnya.

Baca Juga :   Dampingi Jokowi, Herman Deru Hadiri 34th ASEAN Summit di Bangkok

Sebelumnya, Pemkot Palembang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang telah memastikan tidak akan ada lagi perpanjangan izin peremajaan baik untuk angkutan umum (angkot) maupun bus kota yang ada di Palembang. Dengan begitu keberadaan angkot dan bus kota akan digantikan dengan moda transportasi baru seperti Bus Rapit Transit ini atau Transmusi.

Oleh karena itu, Kepala Dishub Palembang, Sulaiman Amin mengatakan, penambahan jumlah bus ini nanti akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan alat trasnportasi umum yang aman dan nyaman.

“Kita memaksimalkan angkutan massal milik Pemkot Palembang. Sebab, pemanfaatan Trans Musi sangat dirasakan kenyamanannya bagi masyarakat Palembang,” imbuhnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Festival Serat Alam Lestarikan Kearifan Lokal

Palembang, KoranSN Untuk mengangkat dan memperkenalkan produk-produk kerajinan serta potensi kebudayaan termasuk mempertahankan kearifan lokal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.