Dewan Sumsel Soroti PHK dengan Alasan Efisiensi

Mardiansyah. (foto-dok/anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Anggota Komisi V DPRD Sumsel, Mardiansyah menyoroti masih banyaknya kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal yang dilakukan secara sepihak oleh perusahaan yang ada di Sumsel. Apalagi, PHK tersebut didasari dengan alasan efisiensi anggaran perusahaan.

“Beberapa hari ini saya dapat pengaduan masyarakat bahwa ada PHK massal yang dilakukan Conoco Philip terhadap ratusan tenaga kerja yang merupakan SDM lokal sekitaran proyek,” ungkap Mardiansyah yang juga anggota DPRD Sumsel dapil Muba, Senin (30/10/2017).

Ia mengatakan, perusahaan seharusnya bisa memikirkan dampak terhadap hajat hidup masyarakat di sekitaran proyek sebelum melakukan PHK, apalagi kalau alasan cuma untuk efisiensi.

“Informasinya, mereka yang diberhentikan ini merupakan tenaga unskill dan memang kebanyakan bermukim di sekitaran proyek. Harusnya perusahaan bisa mencarikan solusi terbaik untuk masyarakat lokal agar tetap punya penghasilan, bukan malah menimbulkan keresahan di masyarakat,” ujarnya.

Ia menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera memanggil managemen perusahaan dan juga sub kontraktor yang memperkerjakan para pekerja yang baru mengalami PHK.

Baca Juga :   Tutupi Defisit Rp 300 Miliar, Pemprov 'Ngarep' Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota

“Infonya lebih dari 100 orang yang kena PHK. Makanya nanti Komisi V yang memang membidangi kesejahteraan rakyat akan segera memanggil manajemen perusahaan serta Disnakertrans Sumsel sebagai dinas terkait untuk membicarakan masalah ini. Mudah-mudahan ada solusi terbaik tanpa harus dilakukan PHK,” pungkasnya. (awj)



Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Ishak Mekki Diperkirakan Kembali Melenggang ke Senayan

Palembang, KoranSN Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Sumsel I dari Partai Demokrat, Ir H …

error: Content is protected !!