Di OKI, Baru 2 Puskesmas Terakreditasi

Lubis SKM MKes.FOTO-MANISO/KORANSN.

Kayuagung,koranSN
Setelah 2 puskesmas di Kabupaten OKI mendapat status akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2016, tahun ini Dinas Kesehatan OKI menargetkan 10 Puskesmas lainnya juga menerima status serupa di tahun ini.  Kedua puskesmas di OKI yang sudah mendapatkan akreditasi tahun lalu yakni Puskesmas Celikah di Kayuagung dan Puskesmas SP Padang.

Sedangkan masih ada 27 Puskesmas lainnya di OKI belum mendapatkan prestasi dari Kementerian Kesehatan RI.
Kepala Dinas Kesehatan OKI HM Lubis SKM MKes didampingi Iwan Setiawan SKM (Sekretaris) kemarin mengungkapkan, total ada 29 Puskesmas yang telah tersedia di OKI. Mayoritas Puskesmas ini sudah difasilitasi pelayanan rawat inap dan memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Mengenai target, Lubis mengungkapkan, dari 27 Puskesmas yang belum menerima akreditasi, secara bertahap pihaknya menargetkan tahun ini 10 Puskesmas mendapatkan akreditasi. Tahun 2018 mendatang juga 10 Puskesmas dipatok menerima status yang sama. “Target tahun 2019, 7 Puskesmas tersisa juga terakreditasi. Sehingga pada tahun 2019 itu semua Puskesmas di OKI sudah terakreditasi,”ucapnya optimis.

Baca Juga :   Dicap Miskin, Warga Mampu Penerima PKH di OKI Undur Diri

Sebagai tempat yang menyediakan fasilitas pelayanan publik, sekarang Puskesmas memang dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas pada semua lapisan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas dapat diwujudkan apabila ada standar jelas yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasan.

Untuk mewujudkan hal itu, Puskesmas harus mendapat sertifikasi akreditasi dengan baik dan perlu diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Salah satunya dengan penguatan peran Puskesmas dalam penyelenggara upaya kesehatan dasar dengan maksud agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal.Sekretaris Dinkes OKI Iwan Setiawan SKM menambahkan, berbicara soal akreditasi Puskesmas, hal itu tidak terlepas dari peran lintas sektoral  terutama di Kecamatan Kota Kayuagung dan peran serta masyarakat di setiap desa dalam wilayah Puskesmas Celikah, menginggat akreditasi adalah mutu pelayanan pada masyarakat.

Baca Juga :   Makarti Mulya jadi Percontohan Desa Bersih dari Narkoba

Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP sebelumnya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi tinggi apa yang dilakukan Puskesmas Celikah yang intens memberikan pelayanan prima kepada masyarakat perkotaan Kayuagung dan sekitarnya.”Sertifikasi akreditasi ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi tiap Puskesmas guna menuju pada layanan kesehatan yang baik yang diberikan kepada masyarakat,”tuturnya.(iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

HD Wujudkan Impian Petambak Udang Sungai Menang dengan Program Listrik Masuk Tambak

OKI, KoranSN Setelah sebelumnya melaunching listrik masuk sawah, Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali meluncurkan …