Diapresiasi Dewan Pers, Road Map Pembinaan Anggota JMSI Bantu Ciptakan Pers Profesional



Ketua Umum JMSI Teguh Santosa foto bersama saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Margo, Margonda, Depok, Jawa Barat. (Foto-Istimewa)

Jakarta, KoranSN

Dewan Pers mengapresiasi road map yang dikembangkan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) untuk memantau perkembangan anggota organisasi perusahaan pers itu. Di dalam road map tersebut, JMSI membagi anggota ke dalam empat cluster yang ditandai dengan jumlah bintang.

Bintang satu diberikan untuk anggota JMSI yang baru sekadar memiliki badan hukum seperti yang disyaratkan dalam UU 40/1999. Lalu bintang dua untuk anggota JMSI yang telah mengikuti proses pendataan di Dewan Pers. Bintang tiga untuk anggota JMSI yang telah terverifikasi secara administrasi oleh Dewan Pers. Terakhir bintang empat, untuk anggota JMSI yang telah terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers.

Road map tersebut dipresentasikan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa ketika mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang membahas “Pedoman Penegakan dan Perlindungan Pers Profesional” yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Margo, Margonda, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/3/2023).

Ketika menjelaskan road map tersebut, Teguh membuka halaman anggota.mediasiber.id yang berisi daftar anggota JMSI yang memuat informasi dasar anggota, seperti nama media, nama badan hukum, nama domain, nama penanggung jawab dan alamat.

Dengan road map ini, ujar Teguh, Pengurus JMSI di semua tingkatan mengetahui dengan pasti “beban kerja” dalam membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional.

Baca Juga :   Kedubes AS Tekankan Peran Penting Pers Jaga Kedamaian Laut Cina Selatan

Teguh menambahkan, dalam peringatan HUT ke-3 JMSI di Medan, Sumatera Utara bulan Februari lalu, pihaknya juga telah meluncurkan program sertifikasi anggota. Di dalam sertifikat, setiap anggota JMSI mendapatkan QR Code yang harus dimuat di halaman muka (home) media pada posisi yang mudah dilihat oleh pembaca.

Bila dipindai, QR Code ini akan menampilkan informasi mengenai perusahaan pers anggota JMSI, termasuk “jumlah bintang” yang dimilikinya. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Teguh Santosa Raih Press Card Number One, Agus Harizal: Ini Kebanggaan JMSI

Palembang, KoranSN Ketua Umum JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) Teguh Santosa meraih Press Card Number …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!