Dibawah Kepemimpinan M. Irwansyah, Infrastruktur Kota Pangkal Pinang Maju Pesat

Walikota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah saat melakukan peletakkan batu pertama Valley. (foto SN/Ist)

Pangkal Pinang, KoranSN

Sebagai kota kecil, Pangkal Pinang terus menjadi sorotan daerah lainnya. Betapa tidak, dalam empat tahun terakhir di masa kepemimpinan Walikota Muhammad Irwansyah S.Sos, MSi dan Wakil Walikota Muhammad Sopian, BA, hampir semua sektor mengalami kemajuan pesat, salah satunya di bidang infrastruktur.

Dengan luas wilayah 118,41 km2, infrastruktur kota, terutama jalan sudah beraspal hingga ke pemukiman penduduk. Kondisi ini, tidak terlepas dari tangan dingin Walikota Muhammad Irwansyah yang mengalokasikan sebagian besar dana APBD untuk pembangunan kota yang muaranya pada kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang infrastruktur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Radmida Dawam, SH MH memastikan jalan-jalan di Kota Pangkal Pinang termasuk jalan gang sudah baik dan mulus.

Ia mengatakan, sejak tahun pertama menjabat sebagai walikota Pangkal Pinang, sosok H Muhammad Irwansyah begitu fokus pada sektor infrastruktur. Hal ini terlihat dari alokasi APBD Kota Pangkalpinang, dimana 35 persen untuk belanja langsung, sedangkan 65 persen diperuntukan belanja tak langsung yaitu fokus pada infrastruktur pembangunan Kota.

“Kita ada 42 kelurahan 7 kecamatan dengan APBD tahun 2017 sebesar Rp1,035 triliun. Dengan APBD tersebut kita konsentrasi ke pembangunan semua,” katanya, Minggu (26/11/2017).

Baca Juga :   Fauziah Mawardi Himbau Ibu-Ibu di Muba Aktif Cek Kesehatan Reproduksi

Menurut Sekda, program Walikota Pangkal Pinang saat ini tidak banyak, namun semua menyentuh masyarakat langsung termasuk infastruktur.

Selain di bidang infrastruktur, Duet M. Irwansyah dan M. Sopian juga menggagas program Rp 1 miliar 1 kelurahan atau program yang dikenal dengan 3S (Sasaran, Sekawan, Sejahtera). Program ini hadir sebelum pemerintah pusat mengeluarkan gagasan Rp 1 miliar 1 desa.

“Program Rp 1 miliar 1 desa ini sudah berjalan 4 tahun, sebelum Kementrian Desa meluncurkan program Rp 1 miliar 1 desa, Pangkal Pinang lebih dulu. Ini program pak Irwansyah saat menjadi Walikota,” kata Radmida.

Walikota M. Irwansyah di salahsatu kegiatan bersama Lurah se Kota Pangkal Pinang. (foto SN/Ist)

Ia menjelaskan, program ini merupakan program yang digagas Walikota atas usulan masyarakat Pangkal Pinang. Dengan anggaran Rp 1 miliar 1 kelurahan, masyarakat dapat membangun masing-masing kelurahan dengan anggaran yang telah disediakan.

“Dengan anggaran tersebut, pemerintah kelurahan bisa langsung menganggarkan pembangunan yang mereka butuhkan dan dapat menentukan kebijakan sendiri, tanpa menunggu bantuan dari pemerintah kabupaten atau lainnya,” kata Sekda.

Sementara Wakil Walikota Pangkal Pinang Muhammad Sopian mengatakan, dalam pembangunan infastruktur di Kota Pangkal Pinang selalu harmonis dan bersinergi.

“Pembangunan ini diibaratkan kita bangun rumah, dalam perjalannya, ada hambatan dan tantangan, tapi tujuan untuk melindungi keluarga kita,” katanya.

Baca Juga :   Agus Salam Klaim Ditunjuk Partai Mendampingi Saiful Bahri

“Kak Wawan (M. Irwansyah) adalah sosok pemimpin muda yang sangat energik yang punya pandangan jauh kedepan. Bahkan, sebagai kota kecil, Pangkal Pinang dapat menjadi perhatian dunia, salah satunya dengan akan digelarnya mxGP,” kata Sopian.

Sedangkan Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Kota Pangkalpinang Miego ST mengatakan, penanganan pemukiman kumuh dan penataan kawasan menjadi prioritas pembangunan infastruktur di Kota Pangkal Pinang. Ditargetkan tahun 2019, Pangkal Pinang mencapai 0 persen daerah kumuh.

“Koneksi jalan di daerah kawasan kumuh sudah 70 persen, diharapkan tahun 2018 semua jalan sudah terkoneksi dengan baik,” katanya.

Walikota M. Irwansyah bersama-sama anak-anak panti asuhan. (foto SN/Ist)

Tidak hanya di bidang infrastruktur, kerukunan antar umat beragama di Kota Pangkal Pinang juga berlangsung dengan baik. Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pangkal Pinang, Samsuri Soleh mengakui hal tersebut.

Menurutnya, di masa kepemipinan M. Irwansyah kerukunan umat beragama berjalan baik dan kondusif, tidak ada bentrok atapun isu sara yang beredar.

“Salah satu perhatian Pemkot Pangkal Pinang kepada umat Islam, dengan memberikan hadiah umrah kepada karyawan teladan PNS terbaik, termasuk untuk pengurus masjid teladan, dan juara MTQ,” pungkasnya. (awj)

 



Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Heri Amalindo Ajak Masyarakat Umrah Syawal Bareng Mang Heri

Palembang, KoranSN Dengan tema Umroh Syawal Bareng Mang Heri, Bupati PALI Dr Ir H Heri …

error: Content is protected !!