Didi Efriadi: Stop Angkutan Batubara yang Melintasi Jalan Umum!







Didi Efriadi

Palembang, KoranSN

Masih maraknya angkutan batubara yang melintas di jalan umum, membuat Fraksi Partai Nasdem DPRD Sumsel, gerah. Melalui ketua fraksinya, Didi Efriadi, Nasdem meminta instansi terkait menstop angkutan batubara yang masih beroperasi di jalan umum.

“Dalam peraturan pemerintah tentang Minerba itu kan jelas, setiap investasi batubara itu harus memiliki jalur khusus. Kalau ada penafsiran lain, ini mengindikasikan mereka tidak taat dengan peraturan yang ada,” kata Didi, ditemui di ruang Komisi IV DPRD Sumsel, Senin (10/7/2017).

Baca Juga :   Sekolah Gratis Masih Berjalan!

DPRD Sumsel sendiri, kata Didi, mengamanatkan Pemprov Sumsel melalui Dishub dan stakeholder lain untuk menginventarisir perusahaan yang masih menggunakan jalur umum.

“Kita mengamanatkan agar Pemprov Sumsel melalui Dishub dan stakeholder lainnya untuk menginventarisasi perusahaan batubara yang masih menggunakan jalur umum. Intinya, kalau masih ada perusahaan yang menggunakan jalur umum, harus distop,” tambah Didi menegaskan.

Anggota Komisi IV DPRD Sumsel ini menilai, sampai saat ini masih ada indikasi toleransi terhadap perusahaan batubara yang melintasi jalan umum. “Harusnya, kalau memang perusahaan batubara siap (jalur khusus), boleh dipersilahkan operasi, tapi kalau tidak siap, ya distop,” tukas Didi.

Baca Juga :   HD Optimis Sumsel Segera Keluar dari Pandemi

Menurutnya, dampak dari angkutan batubara yang melintasi jalan umum sangatlah besar, baik berdampak terhadap masyarakat maupun terhadap kerusakan jalan.

“Sementara biaya perawatan jalan ini sangat besar, dan tidak sebanding dengan royalti yang didapat dari yang diberikan perusahaan batubara,” pungkasnya. (awj)

 







Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Adu Akting Bersama Anwar Fuady, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Nobar Pemutaran Perdana Film ‘Dul Muluk & Dul Malik’

Palembang, KoranSN Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni berkesempatan beradu akting bersama aktor …

error: Content is protected !!