Diduga Ada Kecurangan, DPC PBB Lahat Melapor ke Bawaslu







DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Lahat saat melapor di Kantor Bawaslu Lahat. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, KoranSN

DPC Partai Bulan Bintang (PBB)  Kabupaten Lahat, Selasa sore (30/4/2019) sekitar pukul 16.00 WIB mendatangi Kantor Bawaslu Lahat. Kedatangan mereka untuk melapor dan menyerahkan laporan permohonan meminta agar KPU Lahat membuka kotak suara dan menghitung ulang surat suara Calon Legeslatif (Caleg) DPRD Lahat Dapil 4 (empat).

Dapil 4 sendiri meliputi TPS yang ada di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Tanjung Sakti Pumu, Kabupaten Lahat.

Menurut Caleg PBB dari Dapil 4, Wanhar, jika hal ini dilakukan oleh PBB (Partai Bulan Bintang) karena ada  dugaan kecurangan di Dapil 4, yakni dugaan lonjakan suara hingga merugikan Caleg PBB dari Dapil tersebut.

“Kami mengantarkan permohonan kepada Bawaslu Lahat, agar diteruskan  ke KPU Lahat, kami meminta agar kotak suara dibuka dan dihitung ulang, khususnya di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi dan Pumu,” ungkap Ketua DPW PBB Sumsel,  Armansyah didampingi Ketua DPC PBB Annisa Maryani dan Caleg PBB Dapil 4, Wanhar Husien saat dibincangi awak media di Kantor Bawaslu Lahat.

Baca Juga :   2 Minggu, Polres OKI & Polsek Ungkap 28 Kasus Curat & Curas

Masih kata Wanhar, terjadinya dugaan lonjakan suara di Dapil 4 menurutnya pertanda adanya dugaan kecurangan. Dan pihaknya memiliki data hasil C1  yang tidak sama dengan hasil rekapan.

Dia melanjutkan, dirinya juga mempunyai data dan bukti atas dugaan kecurangan tersebut. Sehingga apa yang disampaikan ke Bawaslu Lahat disertai dengan data yang dimiliki.

Lebih jauh dikatakanya, pihaknya berharap KPU dapat membuka dan menghitung ulang suara sesuai permohonan di Bawaslu. Jika nanti memang sesuai pihaknya akan legowo.

“Kami berharap Pemilu ini jujur dan adil, tentunya kami sudah menyiapkan langkah secara hukum untuk ini. Kami tidak mau dicurangi, kamipun tidak akan curang,” urai Wanhar.

Selain itu, Annisa Maryani SH selaku Ketua DPC PBB Kabupaten Lahat menambahkan, dirinya terus akan berjuang demi keadilan dan kejujuran demokrasi. Dirinya bersama partai juga akan menempuh jalur hukum atas dugaan kecurangan pada Dapil 4 khususnya.

Baca Juga :   KPK Panggil Tujuh PNS Terkait Kasus Korupsi Infrastruktur di Sulsel

Selanjutnya awak media Suara Nusantara langsung mengkonfirmasi Bawaslu Lahat prihal kedatangan Partai PBB tersebut, menurut Paigal Firdauz selaku Kordiv Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Lahat, pihaknya sudah menerima kedatangan Partai Bulan Bintang di kantor Bawaslu dan pihaknya juga telah menerima laporan pengaduan dan tuntutan dari Partai Bulan Bintang.

“Kami sudah menerima laporan dari Partai Bulan Bintang (PBB) serta akan dikaji dan diregistrasi. Saya tidak bisa komentar banyak,” ujar Paigal singkat. (rob)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kejagung Sebut Ferdy Sambo Tetap Ditahan di Mako Brimob

Jakarta, KoranSN Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung (Kejagung) RI Fadil Zumhana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!