Diiringi Upacara Militer, Pemakaman Letda Dian Berlangsung Haru

9JENAZAH-Anggota TNI AU saat menggotong peti  jenazah Almarhum Letda PNB Dian Sukma Pasaribu di TPU Kandang Kawat

 

 

Palembang, SN

Prosesi pemakaman jasad amarhum Letda PNB Dian Sukma Pasaribu salah satu korban pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Kamis (3/7) pukul 09.00 WIB dilakukan
secara militer di TPU Kadang Kawat Kecamatan IT II Palembang.

Di bawah terik panas matahari pemakaman berlangsung haru, isak tangis keluarga almarhum pecah, mengiringi jasad almarhum Letda PNB Dian Sukma Pasaribu ketika tiba diperistirahatannya yang terakhir.

Pantauan di lapangan, jasad almarhum yang merupakan anggota TNI AU angkatan 2010-2011 yang bertugas sebagai co pilot di Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur ini, dimakamkan persis di samping makam sang nenek.

Dalam acara pemakaman putra pertama pasangan Kapten Arpani dan Yarnani yang dilakukan secara militer tersebut, dihadiri puluhan anggota TNI AU dan TNI AD.

Setiba di pekamanan, peti jenazah dibuka diiringi letusan tembakan kehormatan ke udara sebanyak satu kali dari ujung senjata empat personel anggota TNI AU Lanud Palembang yang berdiri disamping makam, menghadap empat penjuru.

Baca Juga :   Petikan Gitar Sahilin Terbenam Pandemi

Lagu hyme dikumandangkan saat jenazah perlahan memasuki liang lahat. Setelah dimakamkan, dilakukan prosesi penaburan bunga dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Acara pemakamanpun ditutup dengan pembacaan penghormatan, atas jasa almarhum selama mengabdi untuk negara.

Kepergian almarhum meninggalkan cerita tersendiri bagi kelurga yang ditinggalkan. Bahkan adik kandung almarhum, Andi Wijaya Kusuma (21) menyatakan sangat bangga kepada almarhum.

“Saya sungguh senang dan bangga memiliki sesosok kakak yang baik, mengayomi, tegas, meskipun sekali-kali kakak sering jahil terhadap saya dan adik bungsu kami, Dani Gemilang Kusuma (18),” katanya di sela-sela pemakaman almarhum.

Menurutnya, almarhum terakhir pulang ke Palembang pada November 2014 lalu, rencananya lebaran tahun ini almarhum akan pulang dan merayakan lebaran Idul Fitri berkumpul bersama keluarga di Palembang.

“Sudah cita-cita kakak ingin menjadi anggota militer, hingga akhirnya kakak menjadi anggota TNI AU. Bahkan saat kami berkumpul di rumah, kakak sering berbagi cerita pengalaman,” katanya.

Diungkapkannya, sebelum diterima menjadi anggota TNI AU dan dilantik di Yogyakarta. Almarhum sebelumnya, sudah dua kali mengikuti tes namun usaha almarhum gagal. Namun, pada tes yang ketiga diikuti  akhirnya almarhum Letda PNB Dian Sukma Pasaribu berhasil lulus dan menjadi anggota TNI.

Baca Juga :   Pesantren Ramadhan Tahfidz Kiai Marogan Digelar di Masjid Nurul Aisyah & Masjid Ubadi Al Wadi Al ‘Anazi

“Saya bangga dengan kakak, kini ia telah pergi meninggalkan kami semua. Kami ikhlas dengan kepergiannya, peristiwa ini sudah menjadi takdir yang harus terjadi dan diterima keluarga kami,” tutupnya mengakhiri perbincangan.

Sementara Dan Lanud Palembang Letkol PNB Muhammad Riza Yudha Fahlefie yang turut hadir dalam acara pemakaman tersebut mengutarakan, turut berduka cita atas kepergian almarhum.

“Kami bangga memiliki anggota yang baik seperti almarhum. Dan kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum,” tutupnya. (ded)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

SMA Pusri Juara 1 LKTI 2020

Palembang, KoranSN Dengan judul karya ilmiah “Studi Pemanfaatan Microgreens sebagai alternatif urban farming dalam menghambat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.