Dinas Kominfo Muara Enim Gelar Sarasehan KIM

Sarasehan KIM yang berlangsung di gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kabupaten Muara Enim. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Muara Enim menggelar sarasehan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Muara Enim tahun 2017 di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kamis (13/7/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.

Acara yang diikuti sekitar seratus orang kelompok informasi masyarakat Kabupaten Muara Enim dibuka Sekda Muara Enim, Ir Hasanudin Msi yang mewakili Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar.

Dikatan Hasanudin, perubahan masyarakat dan kemajuan di bidang teknologi yang serba cepat membuat arti informasi menjadi sangat penting, sehingga menjadi hal yang penting dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi berbagai persoalan yang mereka hadapi sehari-hari. Persoalan tersebut beragam sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan masing-masing.

Dijelaskan Hasanudin, KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh dari untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Baca Juga :   Bertambah 2, Positif Corona di OKI Jadi 6 Kasus

Diakuinya, saat ini perkembangan media massa di Indonesia sangat beragam, namun belum semua masyarakat berkesempatan mengaksesnya karena bermacam kendala oleh karena itu lah keberadaan kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah merupakan jembatan penghubung pemerintah dan masyarakat melalui komunitas.

Diterangkan Hasanudin, pembentukan KIM bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan maupun persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.
Menurutnya, di dalam KIM masyarakat tidak sekedar berbagi informasi antar anggotanya namun mereka juga bisa mencari informasi melalui berbagai media yang kemudian menduskusikannya satu sama lainnya.

Selain itu lanjut Hasanudin, KIM juga bisa mengundang atau meminta bantuan dari pemerintah untuk memberikan penjelasan maupun penyuluhan terhadap persoalan yang dianggap penting.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Muara Enim, Panca Surya Diharta SH mengatakan, kegiatan Sarasehan KIM adalah untuk memberikan pemahaman terhadap tugas dan fungsi KIM dalam pemberdayaan dan pendayagunaan informasi.

Baca Juga :   Dari Desa Membangun Bangsa

“Tujuannya, untuk meningkatkan peran KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyebarluasan informasi dan penyalur aspirasi masyarakat,” ungkap Panca.

Adapun narasumber Sarasehan KIM yakni, Sarjono S.Sn dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia dan Yushartiman Ketua Forum Komunikasi KIM Bandung Jawa Barat. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kopi Jadi Program Prioritas Pemkot Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Kopi merupakan komoditi perkebunan andalan yang menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Kota Pagaralam sejak …