Dinas Pertanian dan Perikanan Muratara Salurkan 36,325 Ton Benih Padi



Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menyalurkan bantuan benih Padi Mekongga sebanyak 36,325 ton kepada para petani di lima Kecamatan, dalam wilayah Kabupaten Muratara.

Jenis benih padi Mekongga tersebut diberikan langsung oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Muratara kepada para petani khususnya untuk tanah sawah, tanah hujan dan irigasi.

“Hari ini kita membagi tim untuk masuk ke setiap kecamatan yang akan menerima bantuan benih padi yang pengadaannya dari e-katalog, dan Insya Allah hari ini juga akan selesai pembagian benih padi tersebut,” kata Kepala Dinas Pertanian, Suhardiman melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Basri Rumadi, Rabu (12/9/2018).

Bibit padi sebanyak 36,325 tersebut akan dibagi ke setiap kecamatan yang menerimanya, dan jumlah pembagian tersebut sesuai dengan lahan yang terdapat di kecamatan masing-masing.

Baca Juga :   Janji Sidak Berkala Jelang Natal dan Tahun Baru

“Lima kecamatan yang menerima benih padi tersebut yakni Kecamatan Karang Jaya, Rupit, Rawas Ulu, Ulu Rawas, dan Kecamatan Nibung. Total luas sawah dari lima kecamatan tersebut yakni 1.453 hektar, dan setiap hektar mendapat 25 kilogram benih padi,” ungkapnya.

Menurutnya, tanah dalam wilayah Muratara tersebut sangat cocok untuk pertanian, terutama jika ditanam padi. Maka dari itu dirinya sangat mensuport kelompok tani untuk lebih berkembang dalam meningkatkan hasil padi agar lebih berkualitas.

“Tanah di Kabupaten Muratara ini sangat cocok untuk pertanian, terutama padi. Kita akan mensuport kelompok tani agar hasil padi tersebut berkualitas. Jadi untuk kedepan kami akan menyalurkan bibit padi ke kelompok tani sekitar dua atau tiga kali dalam setahun,” ujarnya.

Disinggung mengenai bantuan padi darat? Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam pengajuan berkas, dan kemungkinan dalam waktu dekat ini akan terlaksana.

Baca Juga :   Inovasi Pelayanan KBKR, Kota Lubuklinggau Menjadi Perintis di Tahun 2024 dengan PMT 20 Anak Stunting

“Untuk benih padi darat atau padi Gogo akan saya ajukan segera, dananya menggunakan menggunakan anggaran APBN, lahan yang akan diajukan seluas 1.241 hektar dan setiap hektar juga mendapat 25 kilogram benih. Minggu ketiga bulan ini Insya Allah selesai, karena prosesnya di provinsi,” ucapnya.

Terpisah, Yusril (54), salah satu warga Kecamatan Karang Jaya yang tergabung dalam kelompok tani mengatakan, jika tim atau kelompoknya sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit padi dari dinas terkait, karena dianggapnya itu sangat membantu.

“Kalau saya pribadi menilai pemberian bibit padi yang dilakukan pemerintah daerah kabupaten Muratara, yang dalam hal ini Dinas Pertanian sangat membantu, dan jelas bibit yang mereka berikan bukan asal-asalan. Sehingga kedepannya produksi padi kita akan lebih baik,” pungkasnya. (snd)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kajari Muara Enim Dijabat Rudi Iskandar

Muara Enim, KoranSN Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius menghadiri acar pisah sambut Kepala Kejaksaan …

    error: Content is protected !!