Dinas Pertanian Kembangkan Jagung dan Kedelai







Tanaman jagung yang dikembangkan Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Dinas Pertanian Lubuklinggau saat ini tengah melaksanakan pengembangan kegiatan menanam jagung dan kedelai di empat wilayah Kecamatan di Lubuklinggau. Total lahan disiapkan untuk dua komoditi tersebut 300 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, Subandio Amin melalui Kabid Tanaman Pangan , Arifin mengatakan total 300 hektar lahan tersebut. Ada yang sudah tanam, baru tanam dan mengolah tanah. Tersebar diwilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara 1, Lubuklinggau Barat I , Lubuklinggau Selatan I dan Lubuklinggau Selatan II.

“Perhektar untuk jagung disiapkan benih 25 kilo. Kedelai 70 kilo,” ujarnya.

Masing-masing keempat wilayah keecamatan tersebut, luas lahan untuk dua komoditi itu yakni di Kecamatan Lubuklinggau Selatan 1 luas 75 hektar. Lalu Kecamatan Lubuklinggau Selatan II luas 25 hektar, Kecamatan Lubuklinggau Barat I , 75 hektar dan Kecamatan Lubuklinggau Utara I luas 125 hektar.

“Yang sudah tanam di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I ada 10 hektar, Lubuklinggau Selatan II ada 5 hektar, Kecamatan Barat I ada 5 hektar mulai tanam. Sisanya masih mengolah tanah atau lahan,” jelasnya.

Arifin menambahkan, lahan yang masih diolah diharapkan di bulan November saat ini sudah selesai. Dan awal Desember semuuanya sudah melakukan proses tanam. “Ini akan menjadi potensi wilayah diempat kecamatan itu. Yang sudah tanam sudah semingguan,” timpalnya.

Baca Juga :   DPMD-P3A Masih Tunggu SPJ Kades Tahun 2017

Selain itu, pihaknya berharap dengan ditanamnya dua komoditi tersebut untuk meningkaatkan produksi padi, jagung dan kedelai guna menyukseskan swasembada pangan berkelanjutan. “Panen kedelai sama jagung tiga bulan rata-rta atau 100 hari,” ujarnya. (rif)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wabup Dihadiri Ribuan Masyarakat Empat Lawang

Empat Lawang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil …

error: Content is protected !!