Dinas Peternakan OKI Jamin Kelayakan Hewan Qurban



Dinas Peternakan OKI saat periksa kelayakan Hewan qurban.(foto-maniso/koransn)

Kayuagung, KoranSN
Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjamin hewan-hewan qurban yang dijual di wilayah Bumi Bende Seguguk layak untuk dijadikan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah mendatang.

Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan instansi tersebut. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) OKI Aris Panani SP MSi didampingi Kepala Seksi Pemeriksaan Masyarakat Veteriner Amril mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan disebar sejumlah kecamatan, dimana ada 18 petugas yang diterjunkan.

“Kami periksa untuk memastikan kondisi hewan kurban layak dari segi umur, kesehatan dan lainnya,”ungkap Aris Panani kemarin.

Baca Juga :   Kabar Beasiswa Simpang Siur, UIN RF Adakan Workshop Beasiswa

Menurutnya, hasil pemeriksaan bisa dikatakan sangat baik, walaupun memang ada beberapa hewan jenis kambing yang terkesan sakit mata, tapi penyakit itu ringan dan tidak membatalkan untuk dijadikan hewan kurban.

“Kecuali kambing tersebut pincang permanen atau sakit, sehingga tidak layak dijadikan hewan kurban,”terangnya. Terpisah, salah seorang penjual Kambing Hendra Jahri mengaku, kambing Etawa yang dijualnya merupakan kambing asal Lampung.

“Baru sepekan dijajakan, jadi baru dapat pesanan sebanyak 21 ekor. Jumlah ini jauh menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 40 ekor,”tandasnya.

Hendra juga mengaku kondisi kambing yang dijualnya sehat dan layak dikurbankan. Sementara harga jual Rp4,5 juta/ekor dengan bobot 52 kg. “Banyak yang senang dengan kambing jenis Etawa, karena ukurannya besar,”tukasnya.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Jalan Cor di Perigi Golf Permai PALI

Tak hanya kambing ia juga menjual sapi dengan berat 500 kg hingga 700 kg jenis CPO, Simetal dan Limosin dengan harga mulai dari Rp15 juta hingga Rp30 juta. “Biasanya akan kami antar pada saat lebaran nanti,” pungkasnya. (iso)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Sang Legislator OKU Timur Fraksi Golkar Tutup Usia

Martapura, KoranSN “Innalillahi wa innaillaihi,” kabar duka wafat salah satu Anggota DPR OKU Timur yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.