Dinkes OKU Catat Puluhan Ribu Warga Menderita Penyakit Tidak Menular





Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa, dan NAPZA Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr Endang Sri Wahyuningsih. (Foto-Antaranews)

Baturaja, KoranSN

Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019 mencatat sebanyak puluhan ribu warga di daerah itu menderita penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung dan diabetes melitus.

“Sejak Januari 2019 hingga saat ini berdasarkan laporan dari Puskesmas yang ada di Ogan Komering Ulu (OKU) jumlah penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) cukup banyak mencapai lebih dari 10 ribu orang,” kata Kasi PTM Dinas Kesehatan OKU, Hendri di Baturaja, Kamis (27/6/2019).

Baca Juga :   7 Kesalahan Fatal Pria Saat Berhubungan Seks

Dia mengemukakan, dari laporan yang diterima pihaknya terdata sebanyak 7.608 kasus penderita penyakit PTM, seperti hipertensi yang diderita masyarakat Kabupaten OKU sepanjang tahun ini.

“Dari laporan yang terdata di kami kasus penderita penyakit hipertensi terbanyak pada tahun ini yaitu mencapai 7.608 orang, penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis sebanyak 1.758 orang, obesitas 718 dan penyakit jantung 112 orang,” jelasnya.

Menurut dia, penyakit tidak menular ini bisanya dipicu oleh pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak beban pikiran atau stres.

Baca Juga :   Kasus Sembuh dari COVID-19 di Babel Bertambah 419 Orang

“Selain faktor usia, pola makan dan stres akibat banyak pikiran juga menjadi penyebab timbulnya penyakit tersebut,” kata dia.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga pola makan dan rutin melakukan olah raga guna menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit tidak menular tersebut.

“Penyakit-penyakit ini meskipun tidak menular namun berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian sehingga harus diantisipasi sejak dini,” ujarnya. (Antara/ded)

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Indonesia Terima Bantuan Vaksin Janssen dari Belanda

Jakarta, KoranSN Indonesia menerima bantuan vaksin COVID-19 produksi Janssen sebanyak 324 ribu dosis dari Pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.