Dinsos DIY Kukuhkan Kampung Siaga Bencana Banyuroto Kulon Progo



Tim Kampung Siaga Bencana Banyuroto mengikuti pelatihan bencana tanah longsor yang diselenggarakan Dinsos DIY, Kamis (24/6/2022). (Foto/Antara)

Kulon Progo, KoranSN

Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta mengukuhkan Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) Kalurahan/Desa Banyuroto di Kabupaten Kulon Progo untuk menumbuhkan kewaspadaan dan tanggap bencana pada masyarakat.
​​​​​​
Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih di Gunung Kidul, Kamis, menyampaikan pengukuhan ini bertujuan untuk menciptakan kesiapsiagaan dan tanggap bencana berbasis pemberdayaan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat dan mampu menangani bencana secara dini dan mandiri.

Baca Juga :   BMKG: Struktur Bangunan Buruk Penyebab Rumah Rusak Saat Gempa Malang

“Kita berdayakan masyarakat untuk bagaimana mereka mengetahui cara menangani bencana mereka bisa untuk penanganan bencana saat terjadi bencana, dan ini yang kita tumbuhkan kampung siaga bencana (KSB) di Banyuroto ini, mudah-mudahan KSB berbasis masyarakat ini dapat membantu masyarakat setempat ketika terjadi bencana,” kata Endang.

Ia mengatakan Dinsos DIY sampai saat ini telah mengukuhkan 53 KSB di DIY, dan di Kabupaten Kulon Progo sendiri telah mencapai 12 KSB. Direncanakan KSB akan disiapkan di seluruh desa/kalurahan yang ada di DIY karena menurutnya wilayah DIY merupakan wilayah rawan bencana khususnya di wilayah Kulon Progo. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Bumdes Belitung Timur Sulap Bekas Tambang Jadi Kebun Anggur







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pemkab Sidoarjo Normalisasi Sungai Untuk Pengairan Lahan Pertanian

Sidoarjo, KoranSN Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melakukan normalisasi Sungai Purboyo yang selanjutnya bisa digunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.