Dipercepat, September Mulai Tanam Padi







FOTO BERSAMA – Kadis Pertanian Kabupaten Banyuasin Ir H Syuhad Adjiz Umar Pangkalan Balai Kapten Inf Zulkadri beserta seluruh Babinsa se Kecamatan Pulau Rimau. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Dalam rangka mensosialisasikan percepatan musim tanam padi sawah di Desa Mekarsari Kecamatan Pulau Rimau, Sabtu (29/7/2017), Kepala Dinas Pertanian Sumsel Selatan dan Kadis Pertanian Kabupaten Banyuasin Ir H Syuhad Adjiz Umar mendapat pendampingan langsung dari Danramil 401-02/Pangkalan Balai Kapten Inf Zulkadri beserta seluruh Babinsa se Kecamatan Pulau Rimau.

Danramil 401-02/Pangkalan Balai Kapten Inf Zulkadri mengatakan, musim tanam padi sawah tahun 2017 akan dilaksanakan pada September dan pelaksanaannya oleh kelompok tani dengan didampingi Babinsanya.

“Mulai dari pengarahan lahan hingga menebar benih sampai penanaman bahkan hingga panen nanti mendapatkan pendampingan dari Babinsa,” ungkap Danramil.

Untuk itu lanjut Danramil, para petani diminta untuk menanam padi tepat waktu, sehingga dapat meningkatkan produksi pangan beras dengan baik.

“Apalagi dari sawah petani di Pulau Rimau hingga saat ini masih mendominasi stok beras terbesar di Sumatera Selatan dengan luas sawah satu desa Mekarsari ini saja ada 900 hektar, sedangkan di wilayah Kecamatan Pulau Rimau terdapat 29 Desa yang notabene sebagai lahan persawahan,” ujarnya.

Baca Juga :   Gubernur Sumsel Bantu Keuangan Desa Ujan Mas Ulu

Danramil optimis jika masyarakat petani di wilayah Kecamatan Pulau Rimau serius dan tepat waktu yang ditentukan, sehingga khususnya di Desa Mekarsari akan dapat meningkatkan produksi pangan beras lebih maksimal. Jika selama ini hanya satu kali panen satu tahun, mungkin kedepanya bisa dua kali tanam.

“Karena saat ini para petani melalui Gapoktan oleh pemerintah sudah dipastikan alat pertanian (alsintan) yang cukup lengkap dan tinggal masyarakat petani yang menyiapkan potensi sumber daya yang ada,” pungkasnya. (sir)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wabup Dihadiri Ribuan Masyarakat Empat Lawang

Empat Lawang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil …

error: Content is protected !!