Disdukcapil Muratara Sudah Bisa Cetak Kartu Identitas Anak





Firdaus, Kabid Kependudukan pada Disdukcapil Muratara sedang menunjukkan KIA usia diatas 4 tahun dan KIA usia dibawah 4 tahun.(foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sudah bisa mencetak Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Muratara, Syahfaz melalui Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Firdaus menjelaskan KIA adalah Kartu Identitas Anak yang umurnya dibawah 17 tahun.

“Pada prinsipnya KIA ini sama dengan KTP, akan tetapi KIA ini khusus anak dibawah usia17 tahun kecuali dia sudah menikah. Sedangkan KTP khusus untuk orang yang usianya 17 tahun keatas, walaupun usianya masih dibawah 17 tahun tetapi mereka sudah menikah,” jelasnya, Rabu (17/7/2019).

Firdaus menjelaskan, selain sebagai identitas diri anak, kegunaan KIA ini banyak sekali salah diantaranya ketika anak akan bepergian menggunakan pesawat, kereta api dan lain lain.

“Kalau dulu ketika kita mau beli tiket pesawat atau tiket Kereta Api anak kita, kita harus membawa atau menunjukkan kartu keluarga (KK) terlebih dahulu tapi sekarang ini tidak lagi, kita cukup menunjukkan KIA saja sudah cukup,” katanya.

Masih dikatakan Firdaus, syarat untuk membuat KIA sangat mudah, cukup datang ke Disdukcapil Muratara dengan melampirkan foto copy KK orang tua si anak, kemudian foto copy akte kelahiran yang bersangkutan, pas foto 3×4 bagi yang umurnya empat tahun ke atas namum jika umurnya masih dibawah 4 tahun tanpa gambar (Foto).

“Siapa saja boleh mengurusnya asalkan syaratnya lengkap,” katanya.

Firdaus menyarankan kepada masyarakat Kabupaten Muratara khususnya orang tua yang mempunyai anak agar segera membuat KIA.

Baca Juga :   Ribuan Penonton Hadiri Kontes Dangdut Batu Gajah Baru Muratara

“Saran kami untuk orang tua yang anaknya masih berusia dibawah 17 tahun untuk segera membuat KIA, dengan adanya KIA bisa mempermudah urusan anak. Untuk persiapan blangko KIA, stoknya kita siap,” ujarnya.

Kabid Kependudukan menambahkan jika Disdukcapil Kabupaten Muratara ini sudah bisa mencetak KIA baru berjalan sekitar sebulan.

“Lebih kurang sebulanlah kita mencetak KIA,” katanya.

Sementara itu, Joni salah satu warga Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit mengaku belum mengetahui jika di Disdukcapil Muratara sudah bisa mencetak KIA.

“Kalo selama ini tadi belum ada, tapi saya tidak tahu juga kalau baru baru ini di Capil Muratara sudah bisa membuat KIA. Kalau memang di Capil ini sudah bisa membuat KIA, nanti saya akan membuat KIA anak saya karna itu penting,” katanya. (snd)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Lubuklinggau Juara 1 Lomba Kreasi Jingle Galeri Pelangi

Surakarta, KoranSN Mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Tim Kota Lubuklinggau raih juara pertama pada Lomba Kreasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!