Disdukcapil PALI Siap Luncurkan KIA

Tampak Rismliza saat menunjukkan KIA yang sudah dicetak. (Foto-Anas/Koransn)

PALI, KoranSN

Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam waktu dekat ini, tepatnya pada awal bulan April nanti akan segera meluncurkan 1000 Kartu Indonesia Anak (KIA). Kartu ini merupakan kartu identitas diperuntukkan bagi anak-anak hingga remaja berumur satu hari sebelum 17 tahun. Hal ini diungkapkan Kepala Disdukcapil kabupaten PALI, Rismaliza, SH MSi, kemarin.

“Jadi pada prinsipnya, kegunaan KIA ini hampir sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yaitu sebagai kartu identitas warga Republik Indonesia. Hanya saja, untuk KIA berlaku bagi balita hingga sebelum 17 tahun. Sedangkan KTP 17 tahun ke atas,” jelasnya.

Baca Juga :   Pramuka Harus Terus Menjadi Contoh Dalam Bermasyarakat

Sehingga, dalam pelaksanaannya nanti KIA tersebut bisa digunakan untuk membuat buku tabungan di Bank, beli tiket pesawat atau kereta api, buat passport dan lain sebagainya. “Untuk balita usia 0 hingga 5 tahun, maka KIA tidak perlu menggunakan foto. Namun untuk usia 5 tahun hingga 17 tahun kurang sehari maka wajib memakai foto,” tambahnya seraya menunjukkan KIA yang berwarna merah muda.

Untuk persyaratan pembuatan KIA, lanjutnya, masyarakat wajib membawa akte kelahiran, KK, serta foto dalam bentuk soft file dan dibawa ke Kantor Disdukcapil Kabupaten PALI.

“Kalau mau foto disini (kantor disdukcapil, red) juga tidak apa-apa. Prosesnya juga tidak terlalu lama,” sambungnya.

Baca Juga :   Lantik 56 CPNS, Bupati OKI Ingatkan Jaga Integritas

Rismliza menambahkan, untuk saat ini pihaknya sudah melakukan pencetakan sebanyak lebih kurang 200 KIA.
“Setelah Selasa kemarin blangkonya sudah ada, maka kami sudah mulai mencetak KIA. Untuk sejauh ini baru sekitar 200 KIA. Kita harapkan masyarakat segera menyuruh anaknya melakukan registrasi pembuatan KIA ke kantor Disdukcapil,” pungkasnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Gedung Dewan Steril dengan Disinfektan Sebelum Puncak Peringatan Hari Jadi OKU Timur

OKUT, KoranSN Hari Jadi OKU Timur ke-17 tahun diadakan sangat sederhana, bahkan acaranya dipusatkan di …