Disdukcapil Prioritaskan Warga Belum Miliki E-KTP



Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Santi Zahara. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Santi Zahara menuturkan, saat ini pelayan di Discukcapil Palembang hanya memprioritaskan bagi warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektreonik (E KTP).

Dikatakan Santi, distribusi E-KTP dari Dirjen Kementrian Dalam Negeri memang sangat terbatas, terakhir pihaknya menerima distribusi blanko sebanyak 10.000 keping, itupun diprioritaskan pencetakan bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan dan membuat KTP Elektronik sebelumnya.

“Semuanya sudah kita cetak dan sudah bagikan. Namun, prosesnya bertahap sampai semuanya selesai, setelah selesai kita akan minta di distribusikan lagi kemungkinan sebanyak dengan jumlah yang sama tapi tetap diprioritaskan untuk yang belum mendapat KTP Elektronik sama sekali” ungkapnya saat dikonfirmasi, Minggu (23/7/2017).

Baca Juga :   Tujuh Pembimbing Kemasyarakatan Kemenkumham Sumsel Ikuti Penilaian Kompetensi Kenaikan Jenjang

Lanjutnya, sementara waktu pihaknya belum bisa melakukan pencetakan bagi yang melapor dengan keluhan hilang, rusak dan sebagainya. Disdukcapil hanya bisa melakukan percetakan apabila distribusi blanko sudah berjalan normal kembali.
Kebutuhan blanko E-KTP di Kota Palembang yang statusnya free de record atau siap cetak sebanyak 30.000 jiwa. Selain itu, ada juga laporan misalnya KTP hilang, perubahan element dan KTP rusak jumlahnya 38.000 jiwa termasuk pemekaran Kecamatan, itu semua membutuhkan banyak keping blanko untuk pembaharuan data.

Ia menambahkan, bagi warga yang kehilangan E-KTP urusannya bisa membuat surat keterangan sementara di Disdukcapil yang sifatnya sama seperti KTP sementara. Sementara untuk KTP sementara yang diterbitkan oleh Kecamatan, sudah tidak berlaku lagi karena yang mengeluarkan surat tersebut hanya Disdukcapil.

Baca Juga :   2017, 43 Kasus Kekerasan Asusila Anak Terjadi di Palembang

“Jadi bagi yang belum mendapatkan E KTP selagi menunggu bisa membuat surat keterangan terlebih dahulu di Disdukcapil agar memudahkan urusan yang diharuskan menggunakan KTP,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Ponpes Al Mustofa Bentuk Orang Tua Asuh untuk Bantu Anak Yatim dan Juga Membantu Armalah

Palembang, KoranSN Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mustofa di Jalan Suka Bhakti No.105 KM 7 Palembang …

    error: Content is protected !!