Dokter Gigi di OKI Bhakti Sosial Bersama Anak Berkebutuhan Khusus



Anak SLB dan SD lainnya berfoto bersama. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Mungkin unik namun patut ditiru yang dilakukan para dokter gigi yang ada di Ogan Komering Ilir (OKI). Mereka menggelar bhakti sosial bersama puluhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kutaraya Kayuagung yang menjadi lokasi bhakti sosial yang dilakukan Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI) OKI, Senin (30/10/2017) siang. Sekolah ini terdapat 48 ABK yang menempuh pendidikan setara SD, SMP dan SMA.

Ketua IDGI OKI drg Putri Hestiningtyas mengatakan, bhakti sosial yang digelar pihaknya ini dalam rangka memperingati Bulan Bhakti Gigi Nasional. “Mungkin secara nasional, hanya di OKI yang menyelenggarakannya untuk ABK di SLB,”katanya.

Adapun yang dilakukan IDGI OKI yakni membimbing sikat gigi massal bagi seluruh ABK dan puluhan anak SD di sekitar SLB, sosialisasi penyuluhan gigi dan mulut, pengobatan gigi secara gratis. Tampak hadir Asisten II Setda OKI Bidang Pengembangan Ekonomi Drs HM Zulkarnain MM dan Kadinkes HM Lubis SKM MKes serta Kapolsekta Kayuagung AKP Feryanto.

Baca Juga :   Muara Enim Akan Bangun Dusun SEMARAK

“Tujuan bhakti sosial untuk menerangkan kesadaran kesehatan gigi dan mulut dalam rangka mendukung program Pemkab OKI dan Dinkes OKI. Tema kami yakni senyum cerah untuk ABK tanpa mbedakan kekurangan fisik dan mental,”tambahnya.

Sedangkan Asisten II Setda OKI didampingi Kadinkes OKI sangat mendukung kegiatan yang dilakukan IDGI OKI yang tak disangka sangat peduli dengan kesehatan gigi bagi ABK di OKI. Upaya menjaga kesehatan gigi selain menyikat gigi secara teratur, adalah memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Baca Juga :   Warga Temukan 2 Ekor Ikan Alien

“Memeriksakan gigi ke dokter bukan hanya ketika sakit saja, tetapi ini justru akan mencegah dan mendeteksi secara dini,”tambah Kadinkes OKI. Berbagai persoalan kerusakan gigi saat ini masih menjadi masalah serius di Indonesia. Tingginya konsumsi camilan manis dan lengket pada anak-anak saat ini berisiko meningkatkan permasalahan gigi. (iso)

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Herman Deru Jamin Kebutuhan Makan dan Tempat Tinggal Korban Kebakaran Desa Pemulutan

Ogan Ilir, KoranSN Dalam Safari Jumat yang dilakukan Gubernur Sumsel, H Herman Deru di Masjid …