Dokter: Pemberian Nutrisi yang Tepat Cegah Stunting





Seminar Tatalaksana Cegah Stunting Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Penurunan Stunting Melalui Sistem Rujukan Berjenjang di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu. (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Dokter spesialis anak dari Universitas Sam Ratulangi Dr Ronald Rompies menyebut pemberian nutrisi yang tepat dapat mencegah terjadinya stunting pada anak.

“Pemberian nutrisi pada bayi dan anak terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Selain itu, deteksi dini gangguan berat badan penting untuk pencegahan stunting,” ujar Ronald dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Baca Juga :   62.732.568 Penduduk Indonesia Mendapat Vaksinasi Dosis Kedua

Dia menambahkan, deteksi dini bisa dilakukan di posyandu dan jika tidak ada perbaikan segera rujuk ke puskesmas. Jika ditemukan kasus stunting atau tengkes, maka puskesmas akan langsung memberikan rujukan ke dokter spesialis anak.

Intervensi spesifik dengan pemberian nutrisi yang optimal yaitu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dengan kandungan protein hewani, disertai susu formula standar atau susu khusus pada anak yang kekurangan gizi. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kasus Positif COVID-19 Bertambah 4.425, Terbanyak di DKI

Jakarta, KoranSN Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan laju kasus harian terkonfirmasi positif COVID-19 di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.