Dokter RSUI: Makanan Bergizi Dan Rutin Gosok Gigi Cegah Penyakit Gusi





Ilustrasi seseorang menyikat gigi. (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Dokter gigi spesialis periodonsia konsultan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), drg. Benso Sulijaya Suyono, Sp.Perio(K), PhD mengatakan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena penyakit gusi mencakup menyikat gigi rutin hingga memilih makanan bergizi seimbang.

“Menyikat gigi rutin minimal 2 kali sehari, gunakan benang gigi atau sikat gigi khusus sela-sela gigi, berkumur dengan obat kumur jika perlu, bersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali, lakukan check-up gigi rutin ke dokter gigi, konsumsi makanan bergizi seimbang, serta dapat mengonsumsi probiotik (tablet hisap),” kata dia dalam siaran pers RSUI, dikutip Selasa (14/9/2021).

Baca Juga :   Serangan "Zero-Day" Terpa Android, Ponsel-ponsel Ini Terdampak

Penyakit gusi termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut akibat inflamasi pada gusi dan tulang penyangga gigi. Benso mengatakan, penyakit gusi mulai banyak terjadi pada orang berusia 36 tahun ke atas dan umumnya disebabkan penumpukan bakteri plak gigi serta bisa terkait penyakit sistemik seperti jantung, diabetes, penyakit pencernaan, dan lainnya.

“Warna gusi yang sehat yaitu pink coral atau merah muda pucat, tidak ada perdarahan gusi, bagaimana kita tahu tanda awal terjadinya peradangan gusi yaitu adanya benjolan pada gusi,” kata dia. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   1,1 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tahap Tiga dari AS Tiba di Indonesia

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Lima Langkah Optimalkan SEO Agar Peringkat Lebih Tinggi

Jakarta, KoranSN Bagi pemilik bisnis daring, menjangkau berbagai lapisan pasar itu susah-susah gampang. Dengan ketatnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.