Dominasi APG 2022 Adalah Buah Indonesia Peduli Difabel





Perenang Indonesia Jendi Panggabean melakukan selebrasi raihan lima emas usai bertanding pada final gaya campuran individu 200 meter putra kategori SM9 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Hanya berbeda 21 atlet dari Thailand yang lama mendominasi ASEAN Para Games, Indonesia sudah terlalu jauh untuk disalip oleh Negeri Gajah Putih itu yang hampir selalu menjadi kampiun dalam kontes olah raga difabel se-Asia Tenggara itu.

Dalam ASEAN Para Games 2022 di Solo ini Indonesia menurunkan 324 atlet, sedangkan Thailand mengutus 303 atlet.

Baca Juga :   2 Gol Higuain Bawa Juventus Tekuk Chievo

Sampai Kamis (4/8/2022) malam lalu, Indonesia sudah mengoleksi 252 medali yang 111 di antaranya medali emas, sedangkan Thailand mendapatkan 57 medali emas untuk total 174 keping medali yang mereka kumpulkan. Selisih yang sudah terlalu jauh.

Indonesia di ambang menjuarai lagi ASEAN Para Games edisi kesebelas ini setelah di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2017, juga menjadi juara umum.

Edisi kesepuluh yang seharusnya digelar pada 2020 di Filipina, batal diadakan karena pandemi COVID-19.

Ini ketiga kalinya Indonesia menjadi juara umum setelah untuk pertama kalinya menembus dominasi Thailand pada 2014 di Naypyidaw, Myanmar.

Baca Juga :   Belanda Hancurkan Gibraltar Tujuh Gol Tanpa Balas

Dalam sepuluh kali perhelatan yang pertama kali digelar di Kuala lumpur pada 2001 itu Thailand hampir selalu menjadi juara umum. Namun dominasi itu pupus dalam delapan tahun terakhir.

Tidak saja itu dominasi Thailand yang runtuh, apa yang sedang terjadi di Solo melukiskan juga efisiensi olah raga prestasi Indonesia. Sejauh ini tingkat efektivitas atlet Indonesia dalam meraih medali mencapai 78 persen, sedangkan Thailand 57 persen. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Guardiola Sanjung Cara Haaland Respon Kritik dengan Dwigol

Jakarta, KoranSN Pep Guardiola menyanjung cara dan sikap penyerang barunya, Erling Haaland, dalam merespon kritik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.