Dominasi APG 2022 Adalah Buah Indonesia Peduli Difabel





Sikap proaktif Indonesia ini sampai menjadi referensi penting bagi negara-negara Asia Tenggara lain dalam melakukan hal serupa, termasuk dalam bagaimana Indonesia memperlakukan atlet-atlet para.

Mengutip Ketua Hubungan Luar Negeri Komite Nasional Paralimpik (NPC) Indonesia Sukanti Rahardjo Bintoro sampai menyatakan Indonesia diacungi jempol karena menjadi perintis dalam mengupayakan persamaan hak untuk atlet difabel dan nondifabel.

Teladan Indonesia ini menjadi acuan bagi negara-negara itu dalam melobi pemerintah mereka agar memupus kesenjangan antara atlet difabel dan nondifabel yang sudah pasti merupakan salah satu upaya menuju kesetaraan.

Dalam pemahaman yang lebih luas, sikap pemerintah Indonesia ini adalah representasi dan cermin sikap masyarakat Indonesia yang dari waktu ke waktu aktif menciptakan lingkungan sosial yang memberi kesempatan kepada siapa pun untuk membuat bangga masyarakat dan bangsanya.

Baca Juga :   Hazard Dituntut Buktikan Kemampuan Saat Real Madrid Hadapi Chelsea

Keberhasilan Indonesia menjadi yang terbaik di panggung Asia Tenggara dalam dua tahun terakhir adalah berkat kesungguhan, dedikasi, dan profesionalisme atlet-atlet para kita.

Tetapi pikiran terbuka masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam memajukan penyandang disabilitas adalah juga faktor yang membuat kaum difabel kita mendapatkan tempat yang lapang dan lega untuk mengekspresikan diri.

Oleh karena itu, keberhasilan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 adalah juga petunjuk mengenai betapa Indonesia akan selalu berusaha keras menggandeng penyandang disabilitas untuk berjalan bersama mencapai puncak apa pun yang bisa didaki demi persatuan dan keadilan sosial, dan karena kita setara. (Antara/andi)

Baca Juga :   Liverpool dan Tottenham Menang di Laga Persahabatan





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Rio Waida Bertekad Terus Kejar Tiket Olimpiade Paris 2024

Jakarta, KoranSN Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida bertekad terus mengejar tiket Olimpiade Paris 2024 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!