DPMD dan P3A Awasi Langsung Penggunaan Dana Desa



Firdaus, Kepal Dinas PMD-P3A Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD dan P3A) akan melakukan pengawasan secara langsung terhadap pembangunan penggunaan dana desa (DD).

Hal ini diungkapkan Kepala DPMD dan P3A Muratara Firdaus, Senin (7/8/2017).

“Kita melakukan peninjauan di beberapa desa, ya saya lihat secara insidentil saja. Seperti di Sungai Kijang, sebelum sampai empat puluh persen kita akan terjun ke lapangan. Sekarang saya kumpulkan camat dengan Kasi PMDnya untuk mengawasi terus sebelum empat puluh persen itu. Kami tidak bisa masuk terlalu jauh,” ungkap Firdaus.

Lanjut Firdaus, kalau ada permasalahan yang harus dibentuk tim, maka akan dibentuk, namun jika sifatnya pengawasan-pengawasan biasa, maka cukup melapor ke pengawas internal, seperti inspektorat.

Ia mengaku, hasil pantauan lapangan, saat ini masih bersifat insidentil bukan memantau secara formal. “Sifatnya itu mengingatkan kembali agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, karna kalau ada apa-apa nanti mereka itulah yang bermasalah. Nah waktu empat puluh persen nanti kita akan turun tim untuk menjelang enam puluh persen, di situlah pengawasan formalnya,“ bebernya.

Sementara itu Camat Rupit Nafrizal melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Eko Hamma mengatakan, pihaknya sedang melakukan investigasi persiapan untuk peninjauan titik nol. “Kalau sekarang ini kami lagi persiapan HUT kemerdekaan, yang jelas (investigasi) dalam waktu dekat,” ujarnya.

Baca Juga :   Perempuan Dituntut Berperan Ganda

Terpisah, Kepala Desa Noman Baru Kecamatan Rupit Erwandi mengatakan, pembangunan jalan setapak mencapai 80 persen, untuk pembangunan siring baru mau persiapan. “Alhamdulillah tidak ada keluhan dari masyarakat,” ungkapnya.

Erwandi mengaku, pihak kecamatan sudah pernah meninjau ke lapangan, dan kepala inspektorat sendiri juga pernah meninjau pembangunan. “Dia sendiri waktu itu pas habis dari undangan, seandainya ada tim yang turun nanti kami siap untuk mengantar langsung ke lokasi,” pungkasnya. (snd)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Kajari Muara Enim Dijabat Rudi Iskandar

Muara Enim, KoranSN Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius menghadiri acar pisah sambut Kepala Kejaksaan …

    error: Content is protected !!