DPRD OKI Ingatkan Perusahaan Bayar Pajak

Komisi III DPRD OKI saat dengar pendapat dengan salah satu perusahaan di OKI. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ilir (OKI) mengingatkan manajemen perusahaan yang beroperasi di daerah agar membayar pajak atau retribusi pengawasan aktifitas bongkar muat angkutan sungai. Hingga sekarang, setoran retribusi Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) masih nol.

Komisi III yang membidangi hal sudah turun ke lapangan. Ketua Komisi III Efredi Julianto SH kemarin mengungkapkan, mulai tahun 2017 ini telah diterapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 tahun 2015 tentang retribusi ASDP.

“Sudah memasuki triwulan pertama belum ada setoran, padahal sumber pendapatan dari retribusi ASDP ini adalah dari aktifitas angkutan kayu bahan baku PT OKI Pulp and Paper Mills. Informasi yang kami dapat, pabrik kertas terbesar di Asia Tenggara ini belum mau membayar retribusi ASDP ini,”kata Efredi.

Baca Juga :   Pemkab Muratara Gelar Operasi Pasar Murah

Demi meningkatkan PAD, pihaknya langsung meminta klarifikasi dari manajemen PT OKI Pulp and Paper Mills guna mendengarkan apa alasanya sehingga belum mau membayar retribusi tersebut. “Jangan sampai Perda yang kita buat dianggap mandul karena tidak ada realisasi penerapannya. Kami sudah menemui manajemen perusahaan itu,”tambahnya.

Sementara itu Manajemen PT OKI Pulp Gadang Hartawan mengatakan, pihaknya sangat menghargai mengenai penerapan Perda ASDP. “Namun faktanya, dermaga itu dibangun oleh perusahaan bukan pakai dana pemerintah. Selama ini kami sangat komit dalam aturan, terutama dalam pembayaran pajak,”ujar dia.

“Sementara dalam hal retribusi ASDP, itu kan jasa terhadap fasilitas yang dibangun pemerintah, bukan fasilitas yang dibangun oleh perusahaan,”ungkapnya. Apalagi retribusi ini lanjut Gadang, tidak ditemukan penerapannya di daerah lain.

Baca Juga :   Jika Ingin Bersaing, Produk Harus Berkualitas

“Bukannya kami tidak mau bayar, untuk memutuskan hal ini tidak mudah, karena ini menyangkut  pengeluaran kami, kita akan rapat lagi dengan pimpinan yang lebih tinggi, nanti kita adakan pertemuan lagi untuk membahas hal ini bersama Dishub dan DPRD OKI,”katanya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Herman Deru Bikin OKUS Maju Pesat

OKUS, KoranSN Sejak dua tahun terakhir Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H Popo Ali …