DPRD Sumsel Raih Anugerah Nirwasita Tantra

Ketua DPRD Sumsel M. Aliandra Gantada bersama Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Anita Noeringhati menerima Anugerah Nirwasita Tantra. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel terpilih menjadi salah satu lembaga legislatif yang meraih penghargaan nasional bidang lingkungan hidup Nirwasita Tantra KLHK tahun 2018. Penghargaan yang berorientasi Green Leadership ini diterima Ketua DPRD Sumsel, M. Aliandra Gantada langsung dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Dalam kesempatan itu, Gantada mengungkapkan, anugerah Nirwasita Tantra yang diterima itu merupakan penghargaan atas komitmen DPRD Sumsel dalam mendukung program-program pengelolaan lingkungan hidup di Sumsel. DPRD Sumsel bersama Pemprov Sumsel merumuskan dan menerapkan kebijakan serta program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

“Kami selaku wakil rakyat menyerap dan mengartikulasikan kepentingan masyarakat terutama dalam pembuatan Peraturan Daerah (Perda), pengawasan anggaran serta menjalankan otoritas fungsi legislatif dalam meningkatkan kinerja lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam yang berkembang di daerah,” ujar Gantada.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Berdoa & Berharap Natal Berjalan Aman serta Lancar

Sebagai wakil rakyat, menurut Gantada, pihaknya menyadari bahwa pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan merupakan aspek yang penting bagi pembangunan sebuah daerah. Oleh karenanya setiap implementasi kebijakan pembangunan DPRD selalu mendorong untuk diikuti dengan kajian terhadap daya dukung lingkungannya.

“DPRD Sumsel selalu mendukung gubernur untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan, serta melakukan inisiatif-inisiatif penerbitan legislasi tentang perlindungan lingkungan jika mendesak untuk dilakukan,” pungkasnya.

Kedepannya, dijelaskan Gantada, pihaknya akan terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam penerbitan kebijakan pembangunan yang berorientasi dengan kelestarian lingkungan hidup.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Anita Noeringhati kepada media usai mendamping Ketua DPRD Sumsel menerima penghargaan mengungkapkan, DPRD Sumsel mendapat predikat terbaik pertama penerima anugerah Nirwasita Tantra. Anugerah ini merupakan hasil dari komitmen DPRD Sumsel dalam melaksanakam green leadership di Sumsel.

Baca Juga :   Jelang GMT, Ampera Tutup 10 Jam

“Dalam tupoksi pengawasan, penganggaran, dan legislasi. Dalam pengawasan kita bersama Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengawasan tentang limbah dan pengelolaan lingkungan. Ini sudah terbukti dimana ada salah satu perusahaan yang kita sanksi dari kementerian karena buruknya pengelolaan limbahnya,” ungkap Anita. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Ketua DPRD Sumsel: Tetap Waspada, Covid Itu Ada

Palembang, KoranSN Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati tidak menampik kalangan pejabat rentan terkena Covid-19. Menurutnya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.