DPRD Sumsel Setujui LKPJ Gubernur Tahun Anggaran 2017





Suasana rapat paripurna ke-XVIII DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD Sumsel kepada Gubernur Sumsel di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel, Selasa (22/5/2018). (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Secara umum DPRD Provinsi Sumsel menerima dan menyetujui laporan LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2017 dan LKPJ Akhir Masa Jabatan (AMJ) periode 2013-2018.

Hal ini terungkap dalam rapat paripurna istimewa ke-XVIII DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD Sumsel kepada Gubernur Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2017 dan LKPJ AMJ 2013-2018 di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel, Selasa (22/5).

Seperti dibacakan pelapor, Usman Efendi yang juga merupakan anggota Tim Perumus Rekomendasi DPRD Provinsi Sumsel, ada beberapa rekomendasi yang diberikan kepada Gubernur Sumsel terkait LKPJ.

Beberapa rekomendasi tersebut diantaranya yakni; di Bidang Pemerintahan, LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2017, DPRD Sumsel dapat menerima dan memahami LKPJ Gubernur TA 2017 sesuai dengan rekapitulasi laporan realisasi anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Demikian halnya terhadap LKPJ Gubernur Sumsel AMJ periode 2013-2018, DPRD Provinsi Sumsel juga memberikan beberapa rekomendasi. Secara garis besar pelaksanaan program kegiatan dari masing-masing dinas, badan dan biro sudah terealisasi dan dapat menjawab beberapa permasalahan sesuai arah kebijakan, walaupun masih ada arah kebijakan yang belum ditindaklanjuti dengan program kegiatan.

Menurut Usman, DPRD Provinsi Sumsel sangat mengapresiasi atas capaian-capaian dan realisasi anggaran tersebut.

Sementara itu di Sekretariat Daerah, DPRD Sumsel mengharapkan banyak terobosan-terobosan dan perbaikan dari segala sisi dalam penyelenggaraan kegiatan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tak hanya Setda, DPRD juga memberikan rekomendasi ke sejumlah OPD lainnya seperti; Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inspektorat, Dinas Kominfo, Disdukcapil, BPSDM, BKD, Badan Kesbangpol dan lainnya.

Baca Juga :   Tak Nyaman Jualan Dijalan, Ratusan Pedagang Pasar Soak Bato Ingin Pindah

Untuk bidang perekonomian, DPRD juga memberikan rekomendasinya. Kemudian kepada Dinas Kelautan dan Perikanan, DPRD Sumsel mengharapkan agar dinas ini memberikan bantuan mesin pembuat pakan kepada para petani, dikarenakan mahalnya harga pakan. Diharapkan dengan adanya mesin tersebut dapat mengurangi biaya operasional para petani.

Dibidang kehutanan DPRD Sumsel mengharapkan agar tahun yang akan datang dapat meningkatkan realisasi produksi Hutan Tanaman Industri (HTI) di Sumsel. Hal ini penting guna menunjang operasional pabrik-pabrik pembuat kertas.

Sementara itu di bidang pembangunan, DPRD Sumsel menyampaikan rekomendasi diantaranya Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang, seiring dengan pembangunan Musi IV dan Musi VI yang sangat dibutuhkan untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang melalui Jembatan Ampera dan Musi II.

Selain itu DPRD Sumsel juga mengharapkan agar Pemprov Sumsel menganggarkan pembebasan lahan yang menjadi akses jalan pembangunan Musi IV dan Musi VI agar jembatan dimaksud segera difungsikan.

“Kami segenap pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumsel menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada H Alex Noerdin dan saudara H Iskah Mekki selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel atas dedikasi dan totalitas pengabdiannya, yang dengan segala potensi dan leadershipnya sebagai pengemban amanah masyarakat,” ujar Usman.

Baca Juga :   Tekan Urbanisasi Satpol PP Gelar Razia KTP

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, mengungkapkan terima kasihnya atas laporan pembahasan dan penelitian yang disampaikan oleh Pansus-Pansus DPRD Provinsi Sumsel pada rapat paripurna ke- XLV (ke-45) pada laporan hasil pembahasan dan penelitian Pansus-Pansus terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2017 dan Akhir Masa Jabatan.

“Selanjutnya terhadap program dan kegiatan yang masih merupakan catatan atas rekomendasi yang disampaikan oleh Pansus-Pansus DPRD Sumsel, dan memerlukan penyempurnaan di bidang administrasi dan pelaksanaan kegiatan akan menjadi perhatian Pemprov Sumsel dan akan ditindaklanjuti penyempurnaannya sesuai capaian pembangunan yang telah ditetapkan,” jelas Alex.

Alex menambahkan, sepanjang empat tahun terakhir, Sumsel mendapatkan 134 penghargaan dalam dan luar negeri, yang paling membanggakan adalah penghargaan sebagai pemerintahan dengan Pembangunan Daerah terbaik nomor 2 setelah Jawa Timur.

“Ini yang paling membanggakan dan baru kita terima. Penghargaan sebagai daerah dengan pembangunan terbaik II se-Indonesia. Ini artinya, strategi kita menjalankan pemerintahan sudah on the track. Banyak gubernur yang bertanya dengan saya, bagaimana bisa Sumsel mendapat prestasi itu. Saya bilang, itu karena saya didukung penuh DPRD dan rakyat Sumsel. Kita bisa asalkan kita mau,” tutupnya. (den)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Ikuti Pembinaan dan Koordinasi Tusi Biro Hukerma

Palembang, KoranSN Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Koordinasi Humas, Hukum …

error: Content is protected !!