DRD Berperan Berikan Gagasan Pengembangan Potensi Daerah

Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH membuka Rapat Koordinasi Pembentukan Dewan Riset Daerah (foto-yudi/koransn)

Muara Enim,SN

Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH membuka Rapat Koordinasi Pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2018, bertempat di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Kabupaten Muara Enim, Rabu (31/10/2018).

“Dewan Riset Daerah berperan memberikan saran/gagasan pengembangan potensi daerah yang berpeluang meningkatkan pendapatan daerah,”kata Juarsah.

Kemudian peran DRD lainnya lanjut Juarsah adalah sebagai inisiator dan akselator pembangunan iptek yang mempunyai posisi dan peran strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan iptek di daerah. Kemudian kata Juarsah, DRD memberikan masukan kepada Pemda berupa pemikiran dalam bidang iptek.

Baca Juga :   Nopran-Herli Nikmati Bandrek Kaki Lima Lahat

Masih dikatakan Juarsah, pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) berkaitan dengan penyusunan kebijakan ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah yang bersangkutan. DRD menurutnya, mempunyai fungsi untuk mendukung Pemerintah Daerah melakukan koordinasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan daerah-daerah lain, serta mewakili daerah di Dewan Riset Nasional.

Diterangkan Juarsah, susunan dewan reset nasional guna menyusun Visi dan Misi Bupati Muara Enim. Tenaga ahli berasal dari Badan Reset Dan Teknologi Nasional.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten selamat datang Kepada narasumber ke bumi Serasan Sekundang ini, dan kesediaan menjadi narasumber untuk riset daerah kabupaten Muara Enim,”ungkap Juarsah.

Baca Juga :   Muara Enim Target Masuk 10 Besar Nasional

Pemerintah daerah memberi kewenangan untuk membentuk riset daerah, pengembangan dan penerapan iptek, agar dapat dilakukan dengan efisien. Sehingga dapat memberikan kontribusi untuk daerah yang bersangkutan. Untuk itulah jelasnya, dengan tujuan itu, dapat mendapatkan pemahaman seperti tugas pokok, dan data yang diperlukan, termasuk mekanisme hubungan kerja dan instansi terkait di daerah. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPUD Ogan Ilir Masih Tunggu Keputusan MA Atas Gugatan Ilyas-Endang

Indralaya, KoranSN KPU Ogan Ilir (OI) masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Agung (MA), atas gugatan …