Dugaan Korupsi Jalan Bandara Atung Bungsu Pagaralam Timbulkan Kerugian Negara Rp 5,4 Miliar

Bandara Atung Bungsu, (foto/Asnadi)
Palembang, KoranSN
Kasubdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Afner Juwono mengatakan, dalam dugaan kasus korupsi proyek Jalan Bandara Atung Bungsu Pagaralam menimbulkan kerugian negara sekitar Rp 5,4 miliar.
Suasana saat pelimpahan tersangka ‘TJ’ di Kejati Sumsel, beberapa waktu yang lalu. (Foto dokumen)
Diungkapkannya, kerugian negara tersebut berdasarkan hasil audit dari BPKP.
“Proyek ini dibangun menggunakan APBD tahun 2013. Jadi dari hasil audit,  kerugian negara yang terjadi dalam dugaan kasus ini yakni sekitar Rp 5,4 miliar,” kata Afner.
Masih dikatakannya, sejauh ini baru satu tersangka yang ditetapkan Polda Sumsel dan belum lama ini tersangkanya sudah dilimpahkan pihaknya ke jaksa.
“Tersangka yakni, ‘TJ’. Belum lama ini ‘TJ’ telah kami limpahkan ke Jaksa Kejati Sumsel. Setelah dilimpahkan, tersangka dilakukan penahanan oleh jaksa di Rutan Pakjo Palembang,” ungkap Afner.
Lanjut Afner, dengan telah dilimpahkannya tersangka ‘TJ’ ke jaksa maka saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan.
“Masih kami kembangkan untuk ungkap tersangka lainnya,” tandasnya.
Diberitakan sebelumnya, Rabu (14/2/2018) penyidik Tipikor Polda Sumsel telah melimpah ‘TJ’ tersangka dugaan korupsi proyek Jalan Bandara Atung Bungsu Pagaralam tahun anggaran 2013 ke Kejati Sumsel.
Usai dilimpahkan tersangka ditahan jaksa di Rutan Klas I A Pakjo Palembang.
Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Afner mengatakan,
pelimpahan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Kejati Sumsel dilakukan setelah berkas perkara dugaan korupsi tersebut dinyatakan jaksa lengkap (P21).
Diungkapkannya, dalam dugaan kasus ini tersangka ‘TJ’ diduga melakukan pidana korupsi saat pembangunan proyek Jalan Bandara Atung Bungsu Pagaralam. Dari hasil penyelidikan akhirnya penyidik Tipikor Polda Sumsel mendapati barang bukti, sehingga menetapkan ‘TJ’ sebagai tersangka.
“Tersangka ‘TJ’ merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek tersebut. Saat itu tersangka masih menjabat PNS di Dinas PU Pemkot Pagaralam, kalau sekarang yang bersangkutan sudah mantan PNS,” ujarnya.
Dilanjutkan Afner, dalam dugaan kasus ini, tersangka diduga melakukan mark-up proyek hingga menimbulkan kerugian negara.
Terpisah, Kasi Penuntutan Kejati Sumsel, Rosmaya membenarkan jika pihaknya telah menerima pelimpahan tersangka ‘TJ’ dari Polda Sumsel.
“Satu tersangka dugaan korupsi proyek Jalan Bandara Atung Bungsu Pagaralam telah kami terima dari Polda Sumsel, selanjutnya tersangka dilakukan penahan dan dalam waktu dekat tersangka akan disidangkan di PN Tipikor Palembang,” tandasnya. (ded)

Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Kejati Sumsel Ungkap Modus Dugaan Korupsi Batu Bara Rugikan Negara Rp 555 Miliar

Palembang, KoranSN Kejati Sumsel mengungkap modus operandi enam tersangka dugaan korupsi pengelolaan tambang, izin pertambangan …

error: Content is protected !!