Ekonomi Tak Kunjung Membaik dan Rupiah Terus Melemah

rupiah

SAMPAI saat ini ekonomi di Indonesia tak kunjung membaik. Ini adalah kondisi riil yang terjadi, tak ada yang bisa membantahnya. Tak hanya itu, nilai Rupiah terhadap mata uang Dollar terus melemah di kisaran Rp 13 ribu. Ditambah lagi dengan nilai jual komoditi pertanian dan perkebunan yang sangat rendah, jelas ini sangat menyulitkan pelaku ekonomi  menengah ke bawah.

Di tengah masyarakat juga muncul rasa tak nyaman, karena sebelumnya harga BBM sempat naik, yang diikuti dengan kenaikan harga sembako. Tak hanya itu beberapa subsidi mulai terus dipangkas, memang benar subsidi membuat Negara menderita, tetapi lepasnya subsidi tak diikuti dengan  kebijakan untuk meningkatkan pendapatan rakyat.

Sikap pesimisme rakyat dan pelaku ekonomi dengan kondisi ini, diharapkan pemerintah segera menerbitkan kebijakan untuk membuat nilai mata uang Rupiah membaik terhadap Dolar AS. Termasuk kewajiban pemerintah untuk menentramkan publik dalam kondisi nilai rupiah. Ini sangat penting guna membuktikan kemampuan dan menunjukkan ketangguhan tim ekonomi dalam mengoptimalkan situasi.

Baca Juga :   Lapor Pak! Listrik Mati Mengganggu Sekali

Pemerintah sudah mewanti semua pihak untuk mewaspadai risiko pembalikan arus modal ke luar negeri yang bisa memperburuk ekonomi Indonesia pada kuartal II 2015. Bahkan Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyebut faktor normalisasi kebijakan suku bunga bank sentral AS dan repatriasi keuntungan pemodal bisa jadi penyebabnya.

Merasa khawatir dengan kondisi Indonesia bisa sama seperti Negara Yunani dan  menyalahkah banyak pihak dan mencari kambing hitam tak ada gunanya, karena itu tak akan memperbaiki keadaan.
Sekarang bisakah pemerintah  yang berkuasa memberikan rasa aman, nyaman, dan mengambil kebijakan yang tepat di tengah masa yang sulit. Untuk dicamkan saat  ini banyak pelaku ekonomi menengah ke  bawah merasa sangat khawatir.

Langkah jangka pendek adalah  bagaimana upaya membuat Rupiah menguat. Tak bisa terus mencari salah untuk kondisi ini, harus bervisi kedepan, memperbaiki ekonomi agar ekonomi tak terpuruk. Jangan sampai karena telah bertindak, kejadian 1998 kembali terjadi.

Baca Juga :   Banyak Cara Untuk Memberangus Korupsi

Kita harapkan Pemerintahan saat ini  segera memunculkan kebijakan untuk membuat  rakyat nyaman. Negeri kita yang kaya dengan sumber daya alam, hutan, tambang dan mineral, sumber daya manusia, adalah kekuatan bila disatukan dalam wadah yang kuat.

Pakai dan gunakan kekuatan Negeri sendiri untuk mewujudkan Indonesia yang kokoh dan tak goyah. Untuk itu semua perlu itikad baik yang sungguh-sungguh dari perangkat Negeri. Perjalanan Indonesia dari masa ke masa sudah membuktikan bahwa  (***)

 

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pengabdian Tanpa Akhir Sang Mantan Gubernur Sumsel

  Oleh Zulkarnain Alregar KETIKA pertama kali Provini Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.