Empat Hektar Lahan Gambut di PALI Terbakar



Petugas BPBD PALI saat berupaya memadamkan api di lahan yang terbakar. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di wilayah Bumi Serepat Serasan, lahan perkebunan kelapa sawit milik PT GBS dan warga di Desa Prambatan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) jadi sasarannya.

Informasi yang dihimpun, lahan gambut seluas empat hektar yang terletak, di tepian jalan PT Servo kilometer sembilan ini, hingga Selasa (18/9/2018), masih sulit dipadamkan, sehingga masih menimbulkan kepulan asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, Junaidi Anuar SE MSI mengatakan, bahwa pihaknya terus berupaya melakukan pemadaman dengan membuat kanal buatan bekerjasama dengan PT GBS agar lahan gambut yang terbakar tidak meluas.

Baca Juga :   BNN Pantau Pemasok Narkoba Bupati Ogan Ilir Sebelum Pilkada

“Kita bersama Brimob dan PT GBS terus berupaya melakukan pemadaman, dengan melakukan water bombing melalui udara dan melakukan penyiraman di titik-titik api tersebut agar api tak meluas lagi,” ujarnya, kemarin.

Dikatakanya, bahwa saat ini selain mengandalkan kanal sebagai pembatas api, pihaknya juga tetap menempatkan petugasnya bersama peralatan pemadaman di titik-titik munculnya api di lahan tersebut.

“Selain lahan gambut ada juga lahan kebun karet warga yang terkena api. Untuk itu petugas kita tetap melakukan upaya pemadaman dan memantau titip api. Karena kondisi angin cukup kencang, sehingga cukup rawan munculnya titik api lain,” jelasnya. (ans)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Menahan Tersangka Korupsi Pengadaan Tanah di Munjul DKI Jakarta

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur (ABAM) Rudy …