Empat Kabupaten di Pulau Sumbawa Diterjang Banjir



Salah satu rumah warga yang tergenang air akibat banjir yang melanda Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (9/2/2024). (Foto-Antara/BPBD Kabupaten Bima).

Mataram, KoranSN

Empat kabupaten dan kota di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) diterjang banjir dan tanah longsor pada Jumat (9/2/2024).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Ahmadi mengemukakan ada tiga kabupaten dan satu kota di wilayah itu yang diterjang banjir, yakni Kabupaten Sumbawa, Dompu, Bima, dan Kota Bima.

Baca Juga :   Pemkot Jaksel Wajibkan Jajarannya Ikut Vaksin "Booster" COVID-19

“Dugaan penyebabnya macam-macam. Salah satunya hujan yang merata di Pulau Sumbawa dengan intensitas tinggi sejak siang hingga sore hari kemarin,” katanya melalui telepon di Mataram, Sabtu (10/2/2024).

Selain itu, topografi Pulau Sumbawa yang terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung menyebabkan air limpasan dari daerah aliran sungai (DAS) mempercepat air menuju hilir yang dihuni warga di daerah perkotaan.

“Belum lagi vegetasi hutan kita yang sudah menipis, sehingga tidak lagi bisa menahan air menjadi salah satu faktor penyebab banjir,” ungkap Ahmadi. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Angka Kesembuhan COVID-19 Indonesia 41,48 Persen



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Wapres Tekankan Pentingnya Kerja Sama Sosial Budaya RI-Selandia Baru

Wellington, Selandia Baru, KoranSN Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan perlunya Indonesia dan Selandia Baru saling …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!