Enam Balon Kades Muara Pinang Baru Ikuti Tes Tertulis

Ilustrasi. (foto/net)
Ilustrasi. (foto/net)

Empat Lawang, KoranSN

Sebanyak 6 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Muara Pinang Baru, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa gelombang kedua bulan November ini, mengikuti tes tertulis di aula Hotel Kito Tebing Tinggi, Selasa (1/11/2016).

Kepala BPMPD Kabupaten Empat Lawang Humaidi Saman, melalui Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Guntur Martandy mengatakan, tes tertulis ini dilakukan karena Balon Kepala Desa Muara Pinang baru ini lebih dari 5 orang.

“Kalau menurut aturan Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa, minimal calon Kades 2 orang maksimal 5 orang,” terang Guntur.

Dijelaskannya, tes bakal calon kepala desa tersebut hanya diikuti satu desa saja, yaitu Desa Muara Pinang Baru Kecamatan Muara Pinang, yang jumlah bakal calon kepala desanya lebih dari lima orang.

Baca Juga :   OKI Bentuk Satgas Penanggulangan Jalan Rusak

“Soalnya sangat rahasia, kita pun tidak tahu apa isi soal yang diberikan oleh pihak ketiga itu,” ujarnya.

Lanjut Guntur, secara administrasi keenam bakal calon kepala desa ini sudah memenuhi syarat, hanya saja bakal calon kepala desa ini lebih dari 5 orang.

“Kalau secara administrasi semuanya sudah memenuhi syarat, tapi karena sesuai aturan calon kades maksimal 5 orang makanya kita lakukan tes untuk bakal calon kades ini, jadi satu orang dinyatakan gugur,” jelasnya.

Lebih Lanjut, tes tertulis bakal calon kepala desa tersebut menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), dan hasilnya  langsung diumumkan hari itu juga.

“Bagi yang nilainya paling rendah itu dinyatakan gugur, dan bagi yang gugur saya minta harus menerimanya dengan lapang dada,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Lahat Buka Konsultasi Publik RPJMD

Sementara itu Camat Muara Pinang Suan Ambri mengatakan tes tertulis keenam bakal calon Kepala Desa Muara Pinang Baru tersebut dilaksanakan secara objektif sesuai dengan aturan dan tanpa ada rekayasa.

“Kedepan saya minta bakal calon kades yang lolos seleksi itu harus siap menang dan siap kalah, yang menang rangkul yang kalah dan yang kalah harus mendukung yang menang,” harapnya. (foy)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Bimtek Anakku Sehat Anakku Cerdas Turunkan Angka Stunting

Muara Enim, KoranSN Dalam rangka mempercepat penurunan angka Stunting (Kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.