Endikat Rusak Parah, Lantai Jembatan Dilapis Kayu

 

Pagaralam,

RUSAK – Sejumlah truk dan kendaraan lainnya memilih tetap melintasi Jembatan Endikat meskipun jembatan dalam kondisi rusak parah. (foto-ist)

KoranSN

Kerusakan Jembatan Endikat yang menghubungkan Pagaralam – Lahat rusak parah dan kondisinya kini memprihatinkan, bisa dikatakan sudah siaga satu. Kendati jembatan tersebut sebelumnya sempat diperbaiki secara darurat oleh Balai Besar Jalan dengan memperbaiki kerusakan menggunakan pelat besi namun belakangan ini kian parah.

Pantauan di lapangan, Rabu (8/11/2017), hampir seluruh badan jembatan ditutup dengan kayu. Sehingga setiap kendaraan yang melintas, baik roda dua dan roda empat harus melintas layaknya di atas jembatan kayu.

Waspada, memang harus saat kendaraan melintasi lokasi ini. Apalagi kendaraan besar bermuatan beras, truk fuso pengangkut hasil perkebunan serta bus-bus AKAP tetap melintas karena tak ada lagi jalan alternatif lain selain jembatan ini. Sehingga membuat khawatir ketika warga melintas di jembatan tersebut, terutama saat berpapasan dengan kendaraan besar.

Baca Juga :   Tunggakan PKB di Empat Lawang Capai Rp 361 M

Seperti yang diungkapkan Herman (45), warga Pagaralam yang mengaku sudah beberapakali melintas lokasi jembatan perbatasan tersebut yang kian hari semakin memprihatinkan. Harusnya pemerintah daerah dengan cepat menindaklanjutinya, karena sudah banyak pengendara yang tidak hanya mempertanyakan kapan diperbaiki jembatan itu secara total, sebab warga sudah banyak mengeluhkan karena khawatir ketika melintas.

“Jika dibiarkan atau lambat diperbaiki, tidak menutup kemungkian tak bisa dilalui, karena sangat membahayakan. Apalagi, bagi kendaraan besar yang melintas, baik bus penumpang atau kendaraan bermuatan berat,” katanya seraya mengatakan jika di lantai jembatan tersebut ada yang jebol.

Menanggapi hal tersebut, Kadis PU Tata Ruang Pemkot Pagaralam, Ir H Hariadi Razak ST melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST mengaku, pihaknya sudah mengecek ke lokasi belum lama ini. Bahkan kondisi kerusakan jembatan tersebut sudah dilaporkan ke pihak Balai Besar. Selain itu di lokasi juga sudah dilakukan pengecekan bersama oleh anggota DPD RI saat melakukan reses.

Baca Juga :   Bupati Sidak Kantor DPKAD

“Sudah kita laporkan terkait kondisi terakhir Jembatan Endikat. Seperti halnya beton untuk lantai jembatannya sudah jebol. Jadi perlu dilakukan pembongkaran dan dicor ulang,” ungkapnya seraya mengatakan, jika perbaikan Jembatan Endikat ini akan dilakukan oleh pihak Balai Besar di 2018 mendatang. (asn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dihantam Puting Beliung, 8 Rumah dan Bangunan di Pagaralam Rusak

Pagaralam, KoranSN Sekitar delapan bangunan rumah dan gudang rusak berat dihantam angin puting beliung. Kejadian …