ESP: Saya Siap untuk Pimpin Sumsel

Mantan Walikota Palembang, Eddy Santana Putra saat mengambil formulir Bakal Calon Gubernur Sumsel di DPD PDI Perjuangan Sumsel. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Mantan Walikota Palembang dua periode, Eddy Santana Putra (ESP) memastikan maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel tahun 2018 mendatang. Ia menegaskan siap untuk memimpin Sumsel kedepan.

“Saya siap untuk pimpin Provinsi Sumsel. Sekarang waktunya tepat, masih ada satu tahun untuk bersosialisasi. Saya kira untuk sosialisasi dan pendekatan ke seluruh masyarakat Sumsel masih sempat,” ungkap Eddy usai mengambil formulir bakal calon gubernur Sumsel di DPD PDI Perjuangan Sumsel, Senin (10/7/2017).

Eddy mengaku, sengaja mengambil formulir pendaftaran pertama kali di PDI Perjuangan, ini menunjukkan penghormatannya kepada PDI Perjuangan. “Saya menghormati PDI Perjuangan, dan saya kader PDIP yang ikut membesarkan PDIP dan juga dibesarkan. Saya juga sudah sampaikan kepada ketua umum (PDIP), saya istirahat, namun saya tetap kader PDIP dan tetap berjuang untuk PDIP,” ujarnya.

Selain ke PDI Perjuangan, Eddy mengaku akan mengambil formulir pendaftaran di partai politik lain. “Setelah PDIP, saya akan ke Hanura dan ke partai-partai lainnya, karena tidak mungkin juga PDIP bergerak tanpa koalisi,” ungkap Eddy yang juga mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel ini.

Baca Juga :   Ribuan Banser Siap Dukung Asian Games, Menpora Ajak Masyarakat Jadi Volunteer

Soal Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel saat ini, Giri Ramanda Kiemas yang juga maju di Pilgub Sumsel 2018, menurut Eddy, hal itu bukanlah masalah, karena semua kader berhak mendaftar dan yang menentukan nantinya adalah DPP.

“Nantikan ada komunikasi, langkah apa yang dilakukan. Intinya, saya akan menghindari persaingan sesama kader PDI Perjuangan,” ujarnya.

Sementara itu, DPD PDI Perjuangan secara resmi membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumsel tahun 2018, mulai Senin (10/7/2017) hingga 21 Juli 2017. Untuk pengembalian tanggal 22 Juli hingga 28 Juli dan pelengkapan berkas tanggal 29 Juli hingga 3 Agutus 2017.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas mengatakan, semua pihak yang berkeinginan maju pada Pilgub Sumsel mendatang dipersilahkan mendaftar di DPD PDIP. Nantinya, seluruh berkas yang masuk akan langsung diserahkan ke DPP PDIP, karena untuk Pilgub menjadi kewenangan mutlak DPP.

“Sementara untuk di tingkat kabupaten/kota. Nanti akan ada survei (DPD) selanjutnya fit and profer test, lalu DPD (Sumsel) akan rapat setelah hasil survei diketahui, selanjutnya, kita akan mengusulkan tiga nama calon bupati dan tiga calon wakil bupati ke DPP PDIP,” ungkapnya.

Baca Juga :   Terancam Putus Sekolah, MTXL Axiata Santuni Anak Yatim

Giri juga mengatakan, berbarengan dengan pembukaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur, DPD PDIP Sumsel juga membuka kembali pendaftaran bupati/walikota untuk kabupaten dan kota.

“Ini sudah ketentuan di PDIP, namanya daftar melalui pintu DPD, ada juga daftar lewat pintu DPP dan DPC,” kata dia.

Giri menuturkan, kader PDI Perjuangan siapa pun boleh maju dan mengambil formulir di PDIP. “Siapa saja boleh maju, sah-sah saja, dan ini bukan persaingan, karena semua ada mekanisme dan aturannya, dan yang memiliki kewenangan menentukan itu, mutlak ada di DPP,” ujarnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

IPSI Palembang Gelar Kejurkot 12-14 Februari

Palembang, KoranSN Guna memajukan cabang olahraga Pencak Silat di Kota Palembang, Pengurus Cabang (PC) Ikatan …