EU Akan Berikan Ukraina Status Kandidat dalam “Pesan Solidaritas”



Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memberikan penghargaan kepada seorang prajurit Ukraina di sebuah titik saat serangan Rusia terhadap Ukraina berlanjut di luar kota selatan Mykolaiv, Ukraina, Sabtu (18/6/2022). (Foto-Antara/Reuters)

Brussel, KoranSN

Para pemimpin Eropa akan menerima Ukraina secara formal sebagai kandidat untuk bergabung dengan Uni Eropa pada Kamis (23/6/2022). Hal tersebut merupakan langkah geopolitik yang berani dan dipicu oleh invasi Rusia atas Ukraina.

Namun hal tersebut juga menjadi pengingat bahwa blok 27 negara itu akan membutuhkan perombakan besar-besaran seiring dengan arahnya untuk melebar.

Baca Juga :   Puluhan Ribu Perawat Hongaria Tolak UU Mutasi di Tengah Pandemi

Meski waktu yang dibutuhkan Ukraina dan negara tetangganya Moldova untuk dapat memenuhi syarat sebagai anggota dapat mencapai satu dekade, keputusan yang diraih dalam konferensi tingkat tinggi EU selama dua hari itu akan menjadi langkah simbolis yang mengindikasikan niat blok tersebut untuk terlibat dalam ke bekas Uni Soviet itu.

“Hari ini Uni Eropa mengirimkan pesan solidaritas kepada masyarakat Ukraina bahwa anda berada dalam keluarga Eropa, bahwa anda berada di EU,” kata Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin saat tiba di KTT itu.

Baca Juga :   Trump Yakin Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan-China

Langkah tersebut akan memulai perluasan paling ambisius bagi EU sejak masuknya negara-negara Eropa Timur usai Perang Dingin. HALAMAN SELANJUTNYA>>







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Tanggapi Aturan MA, New York Larang Warga Bawa Senjata di Ruang Publik

New York City, KoranSN Negara bagian New York, Amerika Serikat, pada Jumat (1/7/2022) mengesahkan undang-undang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.