Faktor Cuaca Mengakibatkan Harga Telur Ayam Naik







Salah seorang pedagang telur ayam ras di Pasar Satelit Kota Lubuklinggau. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Dikarenakan harga pakan ayam yang naik dan faktor cuaca, membuat harga telur ayam di Kota Lubuklinggau mengalami kenaikan sepekan terakhir.

Pantauan di lapangan, Selasa (27/11/2018) tampak disalah satu pasar tradisional yang ada di Kota Lubuklinggau, yakni pasar satelit, untuk satu karpet yang berisikan 30 butir telur ayam dijual seharga Rp 40 ribu.

“Harga telur ayam ras saat ini satu karpetnya naik Rp 2 ribu, kenaikan terjadi sudah 10 hari,” ujar salah seorang agen telur ayam mengaku bernama Iid (45).

Dijelaskannya, sebelumnya harga normal telur ayam hanya berkisar antara Rp 35 ribu hingga Rp 38 ribu, namun saat ini harganya menjadi Rp 40 ribu. Kenaikan sendiri dikatakannya, kemungkinan akibat faktor cuaca, dan harga pakan ayam yang naik, sehingga berdampak pada telur ayam.

“Namun kenaikan tersebut tidak terlalu meroket, sehingga tidak berdampak bagi masyarakat untuk mengkonsumsi telur ayam, masyarakat masih ramai membeli telur,” ujarnya.

Dikatakannnya, untuk masalah kenaikan telur ayam menjelang hari Natal dan menyambut tahun baru untuk saat ini belum diketahui, namun dari pengalaman sebelumnya, harga telur ayam naik biasanya beberapa hari menjelang tahun baru dan Natal.

Baca Juga :   Bupati Lahat Cik Ujang Hadiri Launching BPUM dan KUR Super Mikro

“Pada tahun baru biasanya harga telur naik hingga Rp 43 ribu sampai Rp 45 ribu, dan akan kembali normal diawal tahun” katanya sembari menambahkan, telur ayam ras yang ia jual berasal dari Lampung dan Medan. (rif)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pj Bupati: Pembangunan Jembatan EPD Didanai APBD Sumsel

Muara Enim, KoranSN Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA memastikan penyelesaian proyek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!