Faktor Ekonomi Pemicu Tingginya Angka Perceraian di Palembang

Ilustrasi. (foto-net)

Palembang, KoranSN

Ketua Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Klas I A Palembang, Drs Sahim melalui Bagian Informasi dan Pengaduan, Dodi, Rabu (13/12/2017) mengatakan, bahwa tingginya angka perceraian di Kota Palembang pada tahun 2017 ini lantaran dipicu oleh faktor ekonomi.

Menurut Dodi, Selain faktor kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan faktor lain, seperti pihak ketiga juga menjadi pemicu tingginya angka perceraian, selain alasan utamanya yakni, faktor ekonomi.

“Faktor penyalahgunaan narkoba juga menjadi pengaruh besar tentang banyaknya perkara perceraian ini di Kota Palembang, selain dari berbagai faktor lainnya. Akan tetapi alasan mereka bercerai yang paling tinggi, yakni faktor ekonomi,” ungkapnya.

Dikatakannya, jika dirinci jumlah perceraian yang ada justru didominasi oleh perkara gugat cerai yang diajukan istri mencapai 1.790 perkara. Hal ini berbanding jauh dengan cerai talak oleh suami, yakni hanya sebanyak 537 perkara.

“Menariknya, setiap tahun gugat cerai memang mendominasi dibanding cerai talak yang dilayangkan oleh sang suami,” ujarnya.

Ia menambahkan, angka perceraian di Kota Palembang tahun ini cukup tinggi. Tercatat selama tahun 2017 ini saja lebih dari 2 ribu, tepatnya 2.327 janda baru di kota pempek ini. Jumlah ini meningkat sekitar 35 persen dari tahun lalu, dimana totalnya tercatat 1.830 kasus perceraian di Pengadilan Agama Klas I A Kota Palembang.

Baca Juga :   Kakanwil Kemenkumham Sumsel Saksikan Pelantikan Dirjen Imigrasi

“Angka perceraian ini memang terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah melaporkan perceraian dan lebih mengedepankan kekeluargaan dalam menyelesaikan perkara rumah tangga.

“Kepada masyarakat, jika ingin mengajukan laporan diharapkan dapat dipikirkan matang-matang dahulu sebelum bertindak, agar bisa mengurangi tingginya angka perceraian setiap tahunnya,” pungkasnya. (rgn)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pj Walikota Apresiasi Kehadiran Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian di Palembang, Launching 3 Program Sekaligus

Palembang, KoranSN Meresmikan tiga program sekaligus yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, kehadiran Ketua Umum TP …

error: Content is protected !!