Februari, Nopran Targetkan Rumah Singgah Beroperasi

Nopran Marjani.
Nopran Marjani.

Palembang, KoranSN

Wakil Ketua DPRD Sumsel yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel Nopran Marjani menepati janji serta visi misinya saat mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dengan membuka rumah singgah bagi masyarakat asal daerah pemilihannya, Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang.

Rumah singgah ini berfungsi untuk masyarakat ketiga daerah tersebut bila ingin berobat di Palembang. Ia menargetkan, Februari nanti, rumah singgah tersebut sudah mulai beroperasi.

“Rumah singgah tersebut berada di dekat RSMH, tepatnya UPTD dinas kesehatan, eks kantor Bawaslus Sumsel. Dengan posisi yang strategis, diharapkan mampu melayani secara maksimal. Terdiri dari dua lantai, dengan 24 ruangan. Empat ruangan untuk dokter, perawat dan lainnya, 20 kamar untuk mereka yang akan menginap,” kata Nopran ditemui, Minggu (24/1/2016).

Fasilitas yang tersedia kata Nopran, perawat, dokter serta mobil ambulans. Dengan adanya perawat dan dokter, bagi pasien yang belum terlayani di rumah sakit bisa dirawat sementara oleh tenaga medis tersebut. Sekaligus menjaga kondisi para pasien rujukan plus keluarga yang mengantar ke Palembang.

Baca Juga :   Songket dan Jumputan Jadi Andalan Feby Deru di Ajang Karya Kreatif Indonesia 2019

“Tidak hanya itu, kalau ada yang minta bantu pendaftaran, proses administrasi di rumah sakit. Kan ada saja yang bingung karena tidak mengerti, nah perawat di rumah singgah akan membantunya. Lalu misal ada yang kemoterapi, nah kan meraka harus menunggu dua tiga hari,tidak bisa langsung berobat di sana. Selama mendaftar mereka bisa di sini,” ujarnya.

Bukan hanya untuk pasien kata Nopran, bagi keluarga pasien pun diperbolehkan menginap di rumah singgah.

“Saya merasa prihatin dengan keluarga pasien. Saat menunggu keluarga yang sakit, mereka tidur sembarangan di lantai. Ada yang di lorong-lorong ada yang di kursi. Lalu jemuran juga diletakkan sembarangan, belum lagi soal mandi. Kalau ada rumah singgah mereka bisa di sini untuk istirahat,” katanya.

Baca Juga :   Antisipasi Kebakaran Hutan, Sumsel Siapkan Hujan Buatan

Mengenai dana, Nopran mengaku menggunakan APBD Sumsel. Sebagai wakil rakyat, ia memimiliki hak budgeting.

“Saya menggunakan itu. Saya bicara dengan kepala dinas kesehatan terkait program saya. Alhamdulillah disambut baik dan kebetulan ada gedung ini yang tidak terpakai. Sekarang sedang di rehab dicat dan dilengkapi, kalau sudah selesai segera digunakan,” pungkasnya. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

KPU Muratara Diminta Sterilisasi

Palembang, KoranSN Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muratara Agus Mardianto mengakui dirinya terpapar Covid-19 bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.