Finda : Anak Muda Diharapkan Berperan Aktif Lestarikan Songket

SONGKET– Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda dan jajarannya saat meninjau langsung proses tenun dan kerajinan songket binaan BDC Palembang yang berada dijalan Kemas Rindo Kertapati Palembang, Kamis (2/11/2017). (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengapresiasi tinggi jenis usaha industri kreatif rumahan dan kelompok yang bisa meningkatkan perekonomian bagimasyarakat kecil. Dimana, dalam kunjungannya ke kelompok industri kreatif rumahan tenun songket di jalan Kikemasrindo Kelurahan Ogan dirinya berharap kepada generasi muda agar berperan aktif dalam melestarikan songket.

Menurutnya, usaha yang menyangkut khas suatu daerah di Kota Palembang seperti kain songket dan makanan khasnya seperti pempek, diharapkan menjadi primadona menuju Asian Games tahun 2018 mendatang. Dimana, kebudayaan tenun ini harus dilestarikan, mengingat kemajuan zaman sangat mempengaruhi pola generasi muda untuk melanjutkannya.

Baca Juga :   Gubernur Herman Deru Didaulat Jadi Irup Hari Bhayangkara

“Jadi, warisan dan kebudayaan tenun ini harus dilestarikan, seperti yang kita lihat sekarang ini. Kelompok Usaha Pengerajin Songket (KUPS) Kota Palembang binaan Aang Kurniawan ini telah membina 35 kelompok tenun songket selama puluhan tahun dan memang sangat wajar untuk dilestarikan,” ungkap Finda, Kamis (2/11/2017).

Sementara, Nurhayani menuturkan, jika pengerjaan songket bisa membutuhkan waktu selama satu bulan dalam pengerjaanya. Satu kelompok terdiri dari dua orang yang mengerjakannya.

“Kami sangat mengharapkan sekali bantuan dari pemerintah untuk mensuport pengerajin seperti kami ini, Alhamdulilah Pemkot Palembang sudah memperhatikan usaha kecil seperti kami ini,” pungkasnya. (rgn/rel)

Baca Juga :   Cegah Peredaran Daging Tak Layak Konsumsi, Pemkot Gelar Sidak
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

496 ASN dan Non ASN Pemkot Palembang Kantongi Id Card e- Money

Palembang, KoranSN Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam penerapan gerakan uang non tunai, bukan isapan …