Fit and Profer Test Selesai, 6 Januari Paling Lambat Komisioner KPU Kab/Kota Ditetapkan

Kelly Mariana. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Sebanyak 170 calon komisioner KPU kabupaten/kota se Sumsel selesai melakukan fit and profer test atau uji kelayakan dan kepatutan, paling lambat tanggal 6 Januari lima komisioner KPU kabupaten/kota akan ditetapkan.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Kelly Mariana, Rabu (2/1/2019).

Ia mengatakan, setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan, 10 calon komisioner KPU kabupaten/kota dari 17 kabupaten/kota se Sumsel akan diserahkan ke KPU RI, selanjutnya, paling lambat 5 Januari pekan depan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengeluarkan 5 nama komisioner KPU kabupaten/kota periode 2019-2024.

“Paling lambat 5-6 Januari sudah ada nama yang akan ditetapkan oleh KPU RI, setelah fit and proper tes, Kamis 3 Januari kami akan terbang ke Jakarta untuk menyerahkan 10 nama yang telah mengikuti proper tes,” kata Kelly.

Baca Juga :   Herman Deru: Saya Terbuka Tidak ada Sekat Pembatas dengan Rakyat

Dilanjutkan Kelly, sesuai dengan jadwal Komisioner periode 2019-2024 akan dilantik pada 7 Januari mendatang, karena Pileg dan Pilpres akan berlangsung pada 17 April sehingga penyelenggara di kabupaten/kota harus segera dilantik.

Menurut Kelly, pihaknya telah melakukan fit and proper test kepada seluruh kandidat yang masuk 10 besar sebagaimana yang dikeluarkan oleh tim seleksi (timsel).

Dalam fit and proper tes tersebut, diuji bagaimana kemampuan kandidat dalam memahami UU kepemiluan, kebangsaan serta independensi sebagai penyelengara sehingga komisioner ini berintergritas dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai penyelengara.

Baca Juga :   Ishak Mekki: Insyaallah Ada Nama Muchendi

“Dari hasil fit and proper tes ini disimpulkan melalui nilai, melalui ranking yang ditetapkan akan menjadi dasar bagi KPU RI dalam menentukan 5 nama, dan yang paling penting apa yang diputuskan oleh KPU RI sesuai dengan banyak pertimbangan dan kemampuan calon,” pungkasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pulang Kampung, Nazaruddin Ajak Masyarakat Musi Rawas Menangkan Paslon Bupati dan Wabup Ramah-Berarti

Palembang, KoranSN Tokoh Masyarakat Kabupaten Musi Rawas yang juga merupakan pensiunan Jaksa dan mantan Ketua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.