FKDM Harus Mampu Mendeteksi Potensi Konflik

suasana pengukuhan FKDM OI. (foto-herman/koransn.com)

Indralaya, KoranSN

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah sebuah forum yang berfungsi untuk mendeteksi, menjaring, menampung dan mengkoordinasikan dengan pemerintah hal yang bersipat potensi konflik.

Hal tersebut dikatakan Ketua FKDM Provinsi Sumsel, Ong Berlian, dalam pengukuhan pengurus FKDM Kabupaten Ogan Ilir oleh Bupati Ilyas Panji Alam di Pendopoan Tanjung Senai, Rabu (31/10/2018).

Dikatakan Ong, FKDM ini adalah matanya pemerintah, karena diharapkan jauh sebelum terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang mengancam, organisasi sosial ini harus tahu lebih dini.

Baca Juga :   Nanan Pimpin Gotong Royong di Kebun Markisa Lubuklinggau

“Jadi benar kalau forum ini diumpamakan mata dan telinganya pemerintah yang harus lebih dahulu mendeteksi semua ancaman keamanan,” ujarnya.

Selain gangguan keamanan, lanjut Ong, FKDM juga diharapkan mampu mendeteksi hal-hal yang bersifat bencana alam, ideologi yang mengarah ke radikal serta potensi konflik politik.

Sementara Bupati OI, Ilyas Panji alam setelah mengukuhkan FKDM mengatakan, FKDM harus peka terhadap kerawanan sosial, sehingga mereka dapat mendeteksi jauh-jauh hari karena yang diutamakan dalam forum ini adalah tindakan pencegahan.

Adapun pengurus FKDM Ogan Ilir yang dikukuhkan adalah Ketua Letkol Purnawirawan Sodiono, Sekretaris Abdullah Gatmir dan Anggota H. Najib Subkie, Rusdi Daduk, Ahmad Yani, Sudarta Salman, dan KH Muhlis Mansyur. (man)

Baca Juga :   Jalan Mulus, Masyarakat OKUS Puji Herman Deru
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pangdam II/Sriwijaya Kunker ke Markas Batalyon Armed OKU Timur

OKU Timur, KoranSN Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Markas …