Home / Editorial / Gajah di Sumsel yang Dilupakan

Gajah di Sumsel yang Dilupakan

gajah1TERINGAT sekitar tahun 1993-1997, di kaki Bukit Serelo Lahat ada sekolah khusus gajah. Banyak wisatawan dan pengunjung yang datang untuk melihat hewan bertubuh besar dengan banyak keahlian. Tetapi setelah berganti kepemimpinan, tak tahu apa kabar aset berharga tersebut.

Kemudian di era kini, membaca tulisan perjalanan teman karib saya, ternyata ada gajah yang melahirkan  di Suaka Margasatwa Padang Sugihan Sebokor, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, sangat mengejutkan saya. 

Ini peristiwa luar biasa, tetapi sepertinya dianggap  biasa-biasa saja oleh pengambil kebijakan disini. Padahal kalau di luar negeri, kisah atau peristiwa melahirkan hewan akan menjadi bahan publikasi yang menarik. Orang akan berbondong-bondong mengunjungi untuk sekedar melihatnya.

Baca Juga :   Korupsi dan Kisah Pilu Miranda Gultom

Padahal inilah kekuatan wisata di Sumsel. Inilah cirikhas Bumi Sriwijaya yang masih terkenal keasriannya,  faunanya dan semua yang berbau alam. Mengapa ini tak dijadikan jualan wisata? Untuk diketahui gajah yang dilatih di Padang Sugihan kini sebanyak 29 ekor.

Banyak orang selama ini menggencarkan wisata, tetapi jarang membuat paket wisata yang menarik. Tak mungkin hanya mengandalkan wisata Sungai Musi terus, harus dibuat sebuah kesinambungan dengan wisata yang  lain.

Keberadaan Pusat Latihan Gajah Padang Sugihan di Suaka Margasatwa Padang Sugihan Sebokor, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, baru diketahui sebagian besar masyarakat Sumatera Selatan. Ini pun terungkap setelah adanya kunjungan sejumlah pejabat BP REDD+ ke lokasi tersebut. Padahal wilayah pesisir timur Sumatera Selatan sejak dahulu dikenal sebagai wilayah gajah Sumatera.

Baca Juga :   Waspadai Konflik Lahan

Untuk diketahui Pulau Bali dan daerah-daerah  yang tak punya habitat gajah, dengan sengaja mendatangkan gajah sumatera untuk dijadikan aksi dan tontonan wisata yang baik. Lah kita di daerah yang banyak gajah, harus melakukan yang lebih lagi.

Wisata alam sangat menarik, ketimbang wisata buatan. Inilah kekuatan Sumsel, jangan dilupakan. (***)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pengabdian Tanpa Akhir Sang Mantan Gubernur Sumsel

  Oleh Zulkarnain Alregar KETIKA pertama kali Provini Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.