Gajah Diselamatkan dari Karhutla





Tampak gajah yang sedang dievakuasi dari Kahutla. (foto-siryanto/koransn)

Banyuasin, KoranSN

Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran ST MM berserta anggotanya, Rabu (16/10/2019) pukul 08.00 WIB melaksanakan groundchek Karhutla di kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Hutan Lindung Suaka Margasatwa Padang Sugihan Jalur 20 Desa Sidomulyo dan jalur 21 Desa Air Gading Muara Padang Banyuasin.

Dari hasil pantauan langsung di lapangan, di lokasi terdapat lahan seluas 25 Ha yang merupakan kawasan BKSDA Hutan SM Padang Sugihan dimana lahannya terbakar seluas 1,5 Ha.

Menanggapi hal ini Dandim langsung mengadakan koordinasi dengan stakeholder setempat untuk memadamkan api. Apalagi lokasi merupakan rawan karena tempat lahan penangkaran gajah.

Baca Juga :   Ringankan Beban Negara, Bupati Banyuasin Lakukan Gerakan Gorong

Kemudian dengan bersama unsur lain, sekitar 80 personil yang terdiri dari BKSDA, kecamatan, koramil, Polsek, Polhut, MPA langsung memadamkan api dengan menggunakan peralatan 4 unit pompa air portable dan pompa air apung yang dapat digunakan diatas permukaan air, serta selang panjang yang dapat menjangkau sampai 500 an meter.

Lahan terbakar ini merupakan lahan rawa gambut yang berkedalaman sekitar 30 cm, yang ditumbuhi semak belukar, purun, pakis, gelam.

Untuk mengatasi ini, Satgas melaksanakan penyekatan api dengan mengaliri parit/kanal dengan air, memanfaatkan air sungai jalur 20 dan 21 di sekitar lahan tersebut. Sekitar lima jam berjibaku dengan ‘si jago merah’ dan dengan turunnya hujan di sekitar BKSDA Hutan Lindung Suaka Margasatwa Pasu, api dapat dipadamkan.

Baca Juga :   Bupati Askolani Lantik 4 CPNS Disabilitas

Sedangkan gajah sebanyak 38 ekor berhasil diamankan oleh para pawang gajah dari diklat gajah Pasu yang dibantu oleh satgas Karhutla. “Beberapa ekor gajah tadinya terpisah pada saat mencari makan dan terjadi kebakaran. Pada saat itu keadaan 38 ekor gajah penghuni Suaka Margasatwa Pasu berhasil dievakuasi ke daerah yang lebih aman, dan dapat hidup dalam satu gerombolan lagi, “ujar Dandim. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Rakor PKK Upaya Pemantapan Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran 10 Program Pokok PKK

Banyuasin, KoranSN Rapat Koordinasi (Rakor) Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran untuk 10 Program Pokok PKK …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.