Gakkumdu Siap Tangani Pelanggaran Pilkada

Ikhwan Novri saat menandatangani MOU Gakkumdu antara Panwaslu, Polres dan Kejaksaan, dalam rangka pengamanan Pilkada Kota Pagaralam. (foto-asnadi/koransn.com)

Pagaralam, KoranSN

Peserta Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang meliputi Panwaslu, Polres dan Kejaksaan Kota Pagaralam, Kamis (22/2/2018) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kesepahaman dalam menangani pelanggaran Pilkada. Ketiga unsur tersebut melakukan penandatanganan di halaman Mapolres Pagaralam.

Ketua Panwaslu Kota Pagaralam Ikhwan Novri mengatakan, bahwa pihaknya dalam peserta Gakkumdu menyamakan persepsi dalam menghadapi Pilkada di Pagaralam. Pihaknya ingin agar penanganan pelanggaran memang benar benar diproses agar terciptanya Pilkada yang adil di bumi Besemah.

“Sejak Desember 2017 telah dibentuk sentra Gakkumdu untuk 9 bulan kedepan, yakni Panwaslu sebagai pengawas, Polisi sebagai penyidik dan Kejaksaan sebagai penuntut. Kita lakukan penandatanganan MoU, agar tindak pidana pelanggaran Pilkada benar benar berjalan sesuai prosedur dan terciptanya Pilkada adil di Pagaralam,” kata dia.

Menurut Ikhwan, Gakkumdu sendiri akan melakukan sinergisitas dalam menangani pelanggaran Pilkada, agar berkas yang dimasukkan diteruskan hingga kepada kejaksaan.

“Kalau sebelum adanya MOU ini, berkas dari Panwaslu bisa saja bukan pelanggaran, Namun dengan adanya nota kesepahaman, pelanggaran Pilkada dapat diteruskan dari Panwaslu, Kepolisian hingga kejaksaan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Asgianto: Agustus Ini Jembatan Payu Putat Bisa Dilalui

Sementara itu, Kapolres Kota Pagaralam AKBP Dwi Hartono SIk MH menuturkan, pihaknya juga menginginkan agar Pilkada Pagaralam tetap kondusif dan damai meski di ikuti enam Paslon Wali kota Pagaralam.

“Kita harapkan, Pilkada berjalan damai. Dengan adanya MOU ini, ketiga unsur Gakkumdu, akan menegakkan hukum Pilkada demi terwujudnya Pilkada damai,” tandasnya. (asn)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Pemkab OKI Targetkan Indeks Pembangunan Statistik Meningkat

Kayuagung, KoranSN Pemerintah Kabupaten OKI menargetkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) di wilayah ini meningkat. Upaya …

error: Content is protected !!