Ganggu Aktivitas, Warga Resahkan Sapi Masuk Pasar

Tampak sapi saat memasuki jalan umum. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Masih banyaknya hewan ternak berkaki empat yang berkeliaran di tengah pemukiman penduduk di wilayah Bumi Serepat Serasan membuat resah dan mengganggu aktivitas para warga.

Seperti yang ditemukan di Desa Air Itam kecamatan Penukal Kabupaten PALI. Tampak gerombolan sapi memasuki pasar kalangan di desa tersebut.

Akibatnya, warga yang beraktivitas disana sangat mengeluhkan dan terganggu.

Ashar, salah satu warga setempat mengharapkan ada tindakan tegas dari Pemkab PALI melalui Satpol-PP untuk membantu menertibkan hewan ternak yang diliarkan.

“Selain kepala desa yang harus tegas, kami juga ingin ada pihak Satpol PP turun ke desa kami untuk menertibkan. Terus terang, kalau tidak dipagar, tanaman yang ada di pekarangan dipastikan tidak akan tumbuh, karena dirusak hewan yang liar itu,” keluh Ashar, Selasa (5/12/2017).

Mengambil tindakan tegas oleh warga terkadang diakui Ashar sangat riskan akan terjadi perselisihan dengan pemilik hewan ternak.

“Kalau ada aturan baik itu dari pemerintah desa atau Pemkab yang mengikat, untuk menertibkan hewan ternak kaki empat serta sangsinya bagi yang membandel, pastilah warga akan ikut membantu menertibkan. Tapi kalau seperti ini terus, kami hanya menahan diri dan kalau kami ambil tindakan, seperti menangkap kambing atau sapi, mungkin saja pemilik hewan bakal balik menuntut kami,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Kabupaten PALI, Usmanto mengaku pihaknya bakal terjun ke lapangan apabila ada permintaan dari pemerintah desa atau pihak kecamatan.

Baca Juga :   Heri Amalindo dan Teguh Jaya Ambil Formulir Cabup di Golkar

“Kalau warganya enggan ditertibkan hewan ternak yang masih liar, kita tidak bisa berbuat banyak, sebab Peraturan Daerah (Perda) tentang hewan ternak belum ada, jadi kita tidak punya kekuatan hukum. Namun, apabila ada permintaan dari desa atau Kecamatan, pasti kita turun. Kami berharap kepada kepala desa yang di wilayahnya masih banyak hewan yang liar, contoh desa-desa lain yang sudah tertib, dan terapkan di desanya,” saran Usmanto. (ans)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kasi Datun dan Kasi PB3R Kejari PALI Berganti

PALI, KoranSN Terjadi rotasi di lingkungan Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI (Kejari PALI). Hal itu tampak …

error: Content is protected !!