Gardu Listrik Ancam Keselamatan Warga



gardu listrik di lokasi yang kerap mengeluarkan percikan api. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Puluhan warga disepanjang jalan menuju Jembatan Talang Pipa, tepatnya di depan lapangan Ampera Kelurahan Talang Ubi Barat kecamatan Talang Ubi, diresahkan dengan gardu PLN yang mengeluarkan percikan api ketika turun hujan.

Warga setempat takut tersambar tegang listrik, mereka mendesak Gardu listrik dipindahkan lapangan Ampera, tepat di depan jalan Gardu Listrik.

Pantauan SN, Kamis (6/7/2017), gardu listrik tegangan tinggi masuk di dalam halaman rumah warga. Berjarak 3 meter dari depan pintu rumah warga. Di depan gardu terdapat logo petir, dan bertulis ‘Awas Berbahaya Tegangan 20.000 Volt bisa Mati!!!’.

Gunawan satu diantara warga yang di halaman rumahnya ada gardu listrik mengaku sangat takut melihat percikan api di gardu listrik ketika hujan, percikan api sangat menakutkan warga dan menjadi resah.

“Tiap kali hujan, keluar percikan api dan itu membuat kami resah, kami ketakutan percikan api menyambar kami,” keluh Gunawan.

Ditambahkan H Syaipul Anwar, tokoh masyarakat Pendopo Kabupaten PALI pihaknya sudah berulang kali mengajukan pihak PLN untuk memindahkan Gardu PLN ke tempat yang aman dari permukiman penduduk. Namun, hingga saat ini belum ada realisasi dari pihak PLN.

“Tiang PLN sudah di pasang lebih dari dua tahun lalu. Cuma Gardu belum dipindahkan dan ini, sangat meresahkan warga, apalagi di atas Gardu listrik sering mengeluarkan percikan api dan ini sangat membahayakan warga,” ujar Syaipul Anwar.

Baca Juga :   Ayo Kunjungi ‘Linggau Expo’ 2023 di Lippo Plaza

Sementara saat dikoonfirmasi, Manajer PLN Rayon Pendopo Lahat, M Rasyid meminta warga bersabar, menurutnya pemindahan gardu listrik dekat dengan permukiman warga sudah menjadi agenda dari PLN Rayon Pendopo Lahat. Ia memastikan gardu listrik akan dipindahkan pada akhir bulan Agustus 2017 ini.

“Sudah kami respons pemintahan warga dan menjadi agenda kami untuk memindahkan gardu di lapangan Ampera, akhir Agustus akan kita pindahkan. Sedangkan tiangnya sudah ada, tinggal memindahkan gardu,” jelas Rasyid, di ruang kerjanya. (ans)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kajari Muara Enim Dijabat Rudi Iskandar

Muara Enim, KoranSN Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius menghadiri acar pisah sambut Kepala Kejaksaan …

    error: Content is protected !!