Gedung Perpustakaan SDN 6 Muara Telang Mangkrak



Kondisi bangunan gedung perpustakaan SDN 6 Muara Telang.(foto-istimewa)

Banyuasin, KoranSN

Miris, melihat kondisi bangunan gedung perpustakaan SD Negeri 6 Muara Telang, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, yang kini terbengkalai karena tidak bisa dimanfaatkan pihak sekolah.

Pantauan SN, Rabu (15/5/2019), saat ini pembangunan gedung tersebut mangkrak, hingga tidak dapat digunakan siswa sebagaimana mestinya menjadi gedung yang representatif tempat menimba ilmu dari membaca buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut.

Kondisi tidak selesainya bangunan perpustakaan yang dikerjakan pada tahun 2017 ini, menjadi sorotan serius Ketua Organisasi Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Banyuasin, Indo Sapri saat dibincangi di ruang kerjanya Jalan Reoseli Kelurahan Pangkalan Balai, Rabu (15/5/2019).

“Hasil investigasi tim kami di lapangan gedung perpustakaan SDN 6 Muara Telang ini sudah cukup lama di bangun yaitu tahun 2017 dan sampai sekarang dibiarkan terbengkalai dengan kondisi bangunan diperkirakan dikerjakan baru 40 sampai 50 persen saja,” kata Indo.

Tentu sudah menjadi tugas Ormas JPKP meperjelas bagaimana kelangsungan pembangunan gedung perpustakaan ini agar segera bisa dimanfaatkan pihak sekolah untuk keperluan siswa belajar.

Dalam hal ini lanjut dia, jika memang tidak selesainya gedung perpustakaan karena kelalaian tingkat PPK, maka pihaknya mendukung penuh kepala dinas pendidikan agar melakukan evaluasi pejabat yang tidak kompeten, sehingga merugikan banyak pihak.

“Bila perlu kami akan turun melakukan aksi demo jika memang tidak ada tangapan serius menyelesaikan persoalan ini. Mendesak pihak terkait dalam hal ini dinas pendidikan sebagai penguna anggaran,” tegas dia.

Baca Juga :   Dinas Koperasi dan UKM PALI Sambangi Koperasi Karyawan PT. TEL

Selain itu ujar dia, jika kemungkinan ada yang ‘bermain mata’ dalam proses pembangunan gedung perpustakaan ini, pihaknya akan berkordinasi dengan Kejari Banyuasin. “Dan bila Perlu ke Kejati Sumsel agar persoalan ini bisa jelas duduk permasalahannya,” tukasnya.

Terpisah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Muhlison saat di hubungi media ini, membenarkan gedung perpustakaan SDN 6 Muara Telang tersebut belum selesai dikerjakan, pihaknya baru berencana tahun ini akan diselesaikan.

“Ya tahun ini rencannya akan kami selesaikan, selain menghemat dana karena sekalian mengangkut material untuk beberapa perpustakaan baru yang akan di bangun tahun ini,” jelasnya. (sir)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

KPU Lubuklinggau Selesai Gelar Rekapitulasi, Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Juknis dari KPU Provinsi Sumsel

Lubuklinggau, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah selesai menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!